Pendidikan Menurut Konsep Al-Ghazali

klik DISINI untuk download makalah Pendidikan Menurut Konsep Al-Ghazali

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

    Bersamaan dengan berputarnya dunia dan kemajuan modernisasi serta pengembangan ilmu pegetahuan yang semakin hari semakin berkembang yang akhir-akhir ini, banyak kita lihat para generasi Islam khusunya sudah kecanduan dan keracunan dengan tidak mengenal para tokoh Islam yang sangat dan dapat memberi pengaruh terhadap kemajuan dunia pendidikan, mereka kadang hanya bisa menghina, meremehkan bahkan mengatakan dimana tokoh Islam?. Ini sebenarnya terjadi karena mereka sangat tidak dan bahkan kurang kenal sama sekali terhadap beberapa tokoh Islam yang telah berhasil mencetak generasi yang tidak kalah hebatnya dengan tokoh pendidikan nonmuslim dalam mencetak generasi yang berakhlaq al- karimah, disiplin dan terhormat, serta bermanfaat untuk kepentingan agama nusa dan bangsa.
    Dengan berpandangan pada beberapa hal tersebut mengenal para tokoh pendidikan Islam adalah merupakan salah satu langkah yang seharusnya kita lakukan dan kita miliki dan kita hanyati serta merupakan kebanggaan kita sebagai orang Islam yang dengan semestinya untuk selalu mengangkat dan mensosialisasikannya di kalangan umum. Sehingga generasi penerus Islam bisa bersuara lantang bahwa kita mempuyai tokoh yang pantas untuk dijunjung tinggi, dan salah satu tokoh pendidikan yang tidak kalah tangkas dan metodenya serta konsep dan pemikirannya adalah Al-ghazali.
    Al-Ghasali adalah salah satu tokoh muslim yang pemikirannya sangat luas dan mendalam dalam berbagai hal diantaranya dalam masalah pendidikan. Pada hakekatnya usaha pendidikan menurut al- ghazali adalah dengan mementingkan beberapa hal yang terkait dan mewujudkannya secara utuh dan terpadu karena kosep pendidikan yang dikembangkannya berawal dari kandungan ajaran islam dan tradisi islam yang berberprinsip pada pendidikan manusia seutuhnya. Sehinga dizaman yang moderen ini perlu kiranya untuk mengetahui konsep pendidikan dari tokoh muslim terkemuka ini.



B. Rumusan Masalah

    Berdasrkan pada latar belakang diatas maka penulis ingin mengetahui bagaimana konsep pendidikan menurut al-ghazali.

C. Tujuan Makalah 
  1. Untuk memenuhi tugas mata kuliyah filsafat pendidikan islam
  2. Untuk mengetahui tujuan pendidikan menurut al-Ghazali
  3. Untuk mengetahui kurikulum dalam pandangan al-Ghazali
  4. Untuk mengetahui sifat pendidik yang baik menurut al-Ghazali
  5. Untuk mengetahui sifat peserta didik yang baik menurut al-Ghazali
  6. Untuk mengetahu aspek-aspek pendidikan menurut al- Ghazali

Kebijakan Admin

Kebijakan Admin