Pemikiran Moh. Athiyah Al Abrasy tentang pendidikan

klik DISINI untuk download makalah  Pemikiran Moh. Athiyah Al Abrasy

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Balakang
Prof. Dr. Moh. Athiyah Al Abrasy merupakan seorang sarjana yang telah ;ama berkecimpung dalam dunia pendidikan di Mesir, pusat ilmu pengetahuan Islam dan terakhir sebagai gurubesar pada Fakultas Darul Ulum, Cairo University, Cairo. Beliau secara sitematis telah menguraikan pendidikan Islam dari zaman ke zaman, serta mengadakan perbandingan dengan prinsip, metode, kurikulum dan system pendidika modern di dunia Barat pada abad ke-20 ini. 
Beliau ini dengan keahliannya telah menjelaskan dalam bukunya mengenai posisi Islam mengenai ilmu,pendidikan dan pengajaran, berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits dan menjelaskan pula fungsi mesjid, institut, lembaga-lembaga, perpustakan, seminar dan gedung-gedung pertemuan dalam dunia pendidikan Islam sejak dari zaman keemasaannya sampai kita sekarang ini.
 Pembahasan pada kali ini adalah merupakan dari pemikiran beliau tentang pendidikan Islam yang merupakan dari bagian syariat Islam yang harus kita jalankan. Adapun menurut beliau tentang itu adalah at-ta’lim lebih khusus dibandingkan dengan at-tarbiyah, karena at-ta’lim hanya merupakan upaya menyiapkan individu dengan mengacu pada aspek-aspek tertentu saja, sedangkan at-tarbiyah mencakup keseluruhan aspek-aspek pendidikan.
Sedangkan kalau dilihat dari segi prioritas pendidikan menurutnya ada tiga yaitu: Pendidikan keimanan merupakan pendidikan yang pertama dan utama untuk dilakukan adalah pembentukan keyakinan kepada Allah yang diharapkan dapat melandasi sikap, tingkah laku dan kepribadian anak didik. Pendidikan akhlakul karimah merupakan usaha membentuk dasar keyakinan atau keimanan maka diperlukan juga usaha membentuk akhlak yang mulia. Berakhlak yang mulia adalah merupakan modal bagi setiap orang dalam menghadapi pergaulan antara sesamanya.  Pendidikan Ibadah  merupakan sesembahan, pengabdian, sebenarnya adalah istilah yang paling dan mencakup tidak hanya penyembahan, tetapi juga berhubungan dengan laku manusia meliputi kehidupan. Yang paling beradab, dari pandangan spiritual, adalah mereka yang mematuhi dengan rapat kemauan tuhan, di dalam semua perbuatan-perbuatan mereka.
Pembahasan tentang tujuan pendidikan secara mendasar merupakan bidang kajian filsafat, khususnya filsafat tentang hakikat manusia dan kedudukannya di tengah dunianya dengan segenap harapan dan kebutuhannya, baik yang menyangkut harapan duniawi maupun ukhrawi.

1.2    Rumusan Masalah
-    Bagaimana pandangan atau pemikiran ruang lingkup pendidikan Islam menurut Prof. Dr. Moh. Athiyah Al Abrasy ?
-    Ketentuan apa sajakah jika pendidikan dikatakan sebagai pendidikan Islam menurut Prof. Dr. Moh. Athiyah Al Abrasy ?
-    Bagaimana pandangan dari tujuan pendidikan Islam menurutnya?

1.3    Tujuan
-    Memahami pemikiran Prof. Dr. Moh. Athiyah Al Abrasy.
-    Memahami hakikat pendidikan Islam menurut Prof. Dr. Moh. Athiyah Al Abrasy.
-    Memahami tujuan pendidikan Islam menurut Prof. Dr. Moh. Athiyah Al Abrasy.

Kebijakan Admin

Kebijakan Admin