Sunday, 10 June 2012

1st. Pendahuluan
Dalam pandangan Islam manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang di dalamnya diberi kelengkapan psikologis dan fisik yang memiliki kecenderungan ke arah baik dan buruk, jadi manusia tanpa adanya proses kependidikan akan dapat menjadi makhluk yang serba diliputi oleh dorongan-dorongan nafsu jahat, ingkar dan kafir terhadap Tuhannya. Dan melalui proses kependidikan, manusia akan dapat dimanusiakan sebagai hamba Tuhan yang mampu mentaati ajaran agamanya dengan penyerahan total.
Proses kependidikan merupakan rangkaian membimbing dan mengarahkan potensi hidup manusia yang berupa kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan belajar, sehingga terjadilah perubahan di dalam kehidupan pribadinya sebagai makhluk individual dan sosial serta dalam hubungan pribadinya dengan alam sekitar di mana ia hidup.[1]

2nd.          Pembahasan
Islam merupakan sistem rabbani yang  paripurna dan memperhatikan fitrah manusia. Allah menurunkannya untuk membentuk kepribadian manusia yang harmonis, disamping membuat teladan terbaik di muka bumi yang melaksanakan keadilan Illahi di dalam masyarakat insani dan memanfaatkan seluruh kekuatan alam. Dan pendidikan Islam adalah pendidikan yang menanamkan kemuliaan dan perasaan terhormat di dalam jiwa manusia bahkan kesungguhan untuk mencapainya meskipun diliputi oleh banyak rintangan dan godaan.[2] Atau suatu sistem pendidikan yang mencakup seluruh aspek kehidupan yang dibutuhkan oleh hamba Allah baik duniawi maupun ukhrawi.[3]

Dasar pendidikan Islam adalah dasar ajaran Islam itu sendiri yaitu al-Qur’an dan Hadits. Kemudian dasar itu dikembangkan dalam pemahaman para ulama dalam bentuk qiyas syar’i, ijma yang diakui, ijtihad dan tafsir yang benar dalam bentuk hasil pemikiran yang menyeluruh dan terpadu tentang jagad raya, manusia masyarakat dan bangsa, pengetahuan kemanusiaan dan akhlak dengan merujuk kepada kedua sumber asal yaitu al-Qur’an dan Hadits.[4]

baca juga pengertian yang lebih detail :
Dasar Pendidikan Agama Islam , Tujuan dan Fungsi Pendidikan Islam 
 
Namun dalam kitab At-Tarbiyah Al-Islamiyah, Muhammad Munir menjelaskan bahwa pendidikan Islam adalah pendidikan yang disandarkan kepada dasar-dasar dan prisip yang mencakup seluruh peradaban pendidikan Islam. Dan dasar-dasarnya antara lain:
One.                     Pendidikan Islam adalah pendidikan yang sempurna
Disini kita bisa melihat bahwa pendidikan tidak hanya mutlak pendidikan otak akal saja akan tetapi jiwa juga membutuhkan sebuah pendidikan. Dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan antara akal dan jiwanya. Keduanya saling terkait dan menjunjung dalam mencapai tujuan ini.[5]


Two.                    Pendidikan Islam adalah pendidikan yang seimbang
Sebagimana kita ketahui ajaran Islam berorientasi pada kehidupan duniawi dan ukhrawi sebagai kesinambungan tujuan hidup manusia meletakkan iman kepada allah sebagai landasan kehidupan manusia dalam perjuangannya menuju cita-cita hidup.[6] Dalam kehidupan ini keseimbangan antara dunia dan  akhirat harus tetap kita jaga karena perjalanan hidup kita menuju ke pada kehidupan mendatang (akhirat)

Three.                Pendidikan Islam adalah pendidikan aktifitas keseharian
Dalam kehidupan ini segala yang kita lakukan ada pertanggung jawabannya, jadi antara ucapan dan perbuatan kita harus sinkron apa yang kita ucapkan harus kita pertanggungjawabkan.
Four.                  Pendidikan Islam adalah pendidikan kebersamaan (toleransi)
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa adanya orang lain. Sebagai makhluk yang bermasyrakat setiap individu bertanggung jawab pada masyarakat atau kelompoknya. Dalam masyarakat dimana kita tinggal ada kewajiban dan tanggung jawab yang harus kita emban. Karena sesungguhnya setiap muslim adalah khalifah dimuka bumi ini.
Five.                    Pendidikan Islam adalah pendidikan   (kebutuhan manusia)
Six.                      Pendidikan Islam adalah pendidikan fitah manusia dan perilaku  yang mulia.
Sebagaimana yang kita ketahui manusia lahir dalam keadaan suci. Dan dengan pendidikan Islam kefitrahan manusia akan terjaga.
Dan seperti dalam ayat al-Qur’an
Hitam dan putihnya tergantung bagaimana kita menuliskan akhir dari kehidupan kita.
Seven.                Pendidikan Islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk kebaikan
Pendidikan Islam bertujuan untuk kebaikan individu maupun kelompok. Mengarah kepada kebaikan, menciptakan makhluk yang mulia di bumi ini adalah tujuan manusia agar dapat melakukan interaksi sesama dengan baik, dengan mencintai orang lain, merasakan kepedihan orang lain akan menimbulkan rasa kebersamaan dan akan semakin menambah iman  kita.

Eight.                 Pendidikan Islam adalah pendidikan secara kontinue
Pendidikan tidak hanya terpaku pada tempat dan waktu namun semuanya ini adalah pendidikan yang dapat kita ambil intisarinya.  

Nine.                   Pendidikan Islam adalah pendidikan kemanusian yang alami
Ten.                      Pendidikan Islam adalah pendidikan yang menjaga dengan sesungguh-sungguhnya[7]
Karena tujuan pendidikan Islam mencapai kebahagiaan dunia dan  akhirat maka sebuah pendidikan haruslah dijaga dengan sungguh-sungguh apa yang telah diperoleh.

2. Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam

Pendidikan Islam terdiri dari berbagai unsur-unsur yang bermacam-macam yang sesuai untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan tersebut. Unsur-unsur pendidikan Islam adalah :
One.                     Unsur keteladanan yang baik
Keteladanan yang baik adalah memahami lebih banyak dari pendidikan individu dan memelihara prinsip-prinsip Islam agar perjalanan hidup manusia sehingga perjalanannya menjadi kuat.[8]
Pendidikan akan mudah dicerna bila kita melihat wujud nyatanya bukan hanya sekedar tulisan ataupun teori semata karena keteladanan merupakan cara yang efektif dalam pendidikan. 
Rasullah s.a.w. merupakan teladan terbesar buat umat manusia didalam sejarah manusia yang panjang itu. Beliau adalah seorang pendidik yang memberi petunjuk kepada manusia dengan tingkah lakunya sendiri terlebih dahulu sebelum dengan kata-kata yang baik.[9]
 
Two.                    Unsur ganjaran dan hukuman
Dalam pendidikan ganjaran dan hukuman diperlukan untuk menunjang keberhasilan dalam pendidikan.
Three.                Membimbing dan menasehati
Pendidikan yang halus, lembut dan menyentuh perasaan seringkali berhasil dalam mendidik anak untuk jujur,  suci dan lurus, nasehat yang berpengaruh dan membuka jalannya kedalam jiwa secara langsung melalui perasaan.
Four.                   Menerima dengan sukarela
Five.                    Pengalaman
Six.                        Prinsip praktek ilmiah
Berhasil dan tidaknya pendidikan harus ada realisasinya untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan kependidikan tersebut.[10]
Prinsip-prinsip pendidikan Islam mempunyai keistimewaan-keistimewaan dan sifat menyeluruh yang dapat diterapkan kebaikan, keadilan dan dapat disesuaikan bagi individu, masyarakat dan kemanusiaan seluruhnya.[11]
C. Penutup
Dasar dan prinsip dalam sebuah pendidikan sangat dominan sekali dalam menentukan akan dibawa kemana sebuah pendidikan tersebut. Dalam makalah ini kami yakin masih sangat banyak kekurangan, kritik dan saran selalu kami harapkan.

Daftar Pustaka
Prof. H. M. Arifin, M.Ed., Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Cet. I, 1991
Abdurrahman An-Nahlawi, Prinsip-Prisnip dan Metode Pendidikan Islam¸ CV. Diponegoro, Bandung, 1992.
Prof. H. M. Arifin, M.Ed., Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Cet. V, Jakarta, 2000.
Dr. Jalaluddin dan Drs. Usman  Said, Filsafat Pendidikan Islam, Raja Grafindo Persada, Cet III, Jakarta, 1999.
Moh. Munir, At-Tarbiyah Al-Islamiyah¸ Al-Ilmu Al-Kutub, 1977.
Prof. H. M. Arifin, M.Ed., Kapita Selekta Pendidikan (IslamDan Umum), Bumi Aksara, Jakarta, 1995.
Drs. Salman Harun, Sistem Pendidikan Islam, PT. Al-Ma’arif, Bandung.
Prof. Dr. Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, Mutiara Persada, cet II, Jakarta, 1992.

DASAR DAN PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM




[1] Prof. H. M. Arifin, M.Ed., Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Cet. I, 1991, hlm. 15[2] Abdurrahman An-Nahlawi, Prinsip-Prisnip dan Metode Pendidikan Islam¸ CV. Diponegoro, Bandung, 1992, hlm .40 [3] Prof. H. M. Arifin, M.Ed., Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Cet. V, Jakarta, 2000, hlm. 11 [4] Dr. Jalaluddin dan Drs. Usman  Said, Filsafat Pendidikan Islam, Raja Grafindo Persada, Cet III, Jakarta, 1999, hlm. 37 [5] Moh. Munir, At-Tarbiyah Al-Islamiyah¸ Al-Ilmu Al-Kutub, 1977, hlm. 21 [6] Prof. H. M. Arifin, M.Ed., Kapita Selekta Pendidikan (IslamDan Umum), Bumi Aksara, Jakarta, 1995, hlm. 73 [7] Muhammad Munir, Op. Cit., hlm. 23-33 [8] Ibid, hlm. 52 [9]  Drs. Salman Harun, Sistem Pendidikan Islam, PT. Al-Ma’arif, Bandung, hlm . 329 [10] Muhammad Munir, Op. Cit., hlm. 53-59 [11] Prof. Dr. Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, Mutiara Persada, cet II, Jakarta, 1992, hlm. 43.
Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 komentar:

Post a Comment