Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Anak-anak kelas VII yang dirahmati Allah, berikut ini adalah kisi-kisi mata pelajaran Akidah Akhlak untuk Ujian Akhir Semester (UAS) / Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap.
Silakan dipelajari dengan sungguh-sungguh dan persiapkan diri kalian sebaik mungkin.
Belajarlah dengan giat dan rajin, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga Allah memudahkan usaha kalian dan memberikan keberkahan dalam setiap langkah belajar.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
- Peserta didik dapat menjelaskan arti Asmaul Husna berdasarkan teks dengan menyebutkan makna nama-nama Allah SWT secara benar.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi jumlah nama dalam Asmaul Husna berdasarkan teks dengan menyebutkan angka yang tepat.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi jumlah nama dalam Asmaul Husna berdasarkan teks dengan benar.
- Peserta didik dapat menjelaskan arti Al-Fattah berdasarkan teks dengan menyebutkan makna Yang Maha Pembuka secara benar.
- Peserta didik dapat menjelaskan sifat Al-Latif berdasarkan teks dengan menguraikan arti kelembutan dan kasih sayang yang terkandung dalam nama tersebut secara benar.
- Peserta didik dapat menjelaskan mengapa pemahaman terhadap Asmaul Husna Al-'Adl penting dalam kehidupan sehari-hari dengan menguraikan nilai keadilan dan contoh penerapannya secara benar berdasarkan teks.
- Peserta didik dapat menganalisis hubungan antara meneladani sifat Al-Basit dan ketenangan dalam kehidupan dengan mengaitkan sikap berlapang dada dan bersyukur terhadap kedamaian batin sesuai isi teks.
- Peserta didik mampu menganalisis dan menjelaskan kemungkinan sikap penyantun yang ditunjukkan seseorang yang memahami sifat Ar-Ra’ūf dalam menghadapi teman yang berbuat salah secara tepat dan sesuai konteks.
- Peserta didik dapat membandingkan sikap orang yang meneladani sifat Al-Ganiyyu dengan yang tidak, dengan menunjukkan perbedaan utama berupa sikap bersyukur dan mandiri versus sikap iri, rakus, dan suka mengeluh berdasarkan teks.
- Peserta didik mampu mengaplikasikan pemahaman tentang sifat ketaatan malaikat dalam menjelaskan sikap yang ditunjukkan seorang siswa yang bersyukur dan belajar giat meskipun mendapat nilai rendah.
- Peserta didik mampu mengaplikasikan konsep iman kepada malaikat dengan menjelaskan sikap yang ditunjukkan siswa yang menahan diri dari mencontek karena sadar perbuatannya dicatat malaikat.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang sifat taat malaikat dengan mengidentifikasi tindakan yang sesuai sebagai bentuk keteladanan dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang iman kepada malaikat dengan mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan keimanan tersebut dalam lingkungan sekolah.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang tugas Malaikat Jibril dengan menyebutkan bentuk konkret penerapan iman kepada Malaikat Jibril dalam kehidupan sehari-hari, seperti mencintai, membaca, dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.
- Peserta didik dapat menentukan sikap yang paling tepat untuk menghindari sifat ria dalam bersedekah, berdasarkan pemahaman terhadap konsep keikhlasan dan larangan memamerkan amal.
- Peserta didik dapat menentukan tindakan yang tepat untuk menghindari sifat nifak amali dengan cara menepati janji dalam situasi sehari-hari.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang menghindari sifat nifak dengan memberikan contoh konkret cara bersikap jujur dan konsisten antara ucapan dan perbuatan sehingga mendapatkan kepercayaan dan diterima baik oleh teman-teman di sekolah.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang keikhlasan dengan mengidentifikasi sikap yang menunjukkan amal kebaikan tanpa mengharapkan pujian dari orang lain, sebagaimana tercermin dari sikap Riko dalam cerita tersebut.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang cara menghindari sifat ria dan nifak dengan menjelaskan langkah konkret yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari kedua sifat tercela tersebut.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang adab membaca Al-Qur'an dengan menentukan tindakan awal yang harus dilakukan sebelum membaca Al-Qur'an sesuai dengan tata cara yang benar.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang adab berdoa dengan menentukan tindakan yang harus dilakukan agar doanya khusyuk dan sesuai tata cara yang benar, seperti berdoa dalam keadaan suci, menghadap kiblat, mengawali dengan istigfar dan selawat, dan merendahkan suara.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahamannya tentang adab membaca Al-Qur’an dengan memilih tindakan yang mencerminkan penghormatan terhadap Al-Qur’an, seperti menjaga kebersihan, duduk dengan tenang, membaca dalam keadaan suci, dan memperhatikan waktu yang tepat saat membaca di rumah.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahamannya tentang adab membaca Al-Qur’an dengan mengidentifikasi dampak positif yang dirasakan, seperti meningkatnya ketenangan batin, kedekatan kepada Allah SWT, serta motivasi untuk menjauhi maksiat dan mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang adab berdoa dengan mengidentifikasi cara memanfaatkan waktu-waktu mustajab, seperti berdoa di sepertiga malam terakhir, sebagai bentuk ikhtiar spiritual untuk meraih keberhasilan, misalnya ketika menghadapi ujian.
- Peserta didik dapat menganalisis teks tentang iman kepada malaikat dengan memilih dua sikap yang paling tepat mencerminkan pemahaman dan penerapan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik dapat menganalisis teks tentang sifat ria dengan membedakan dua contoh perilaku yang menunjukkan sikap ria dan sikap menghindari ria dalam kehidupan sehari-hari secara tepat.
- Peserta didik mampu memilih dua pernyataan yang benar mengenai adab membaca Al-Qur’an berdasarkan teks, sebagai bentuk pemahaman terhadap tata cara dan nilai ibadah membaca Al-Qur’an dengan khusyuk dan penuh hormat.
- Peserta didik mampu mengidentifikasi dan memilih dua adab berdoa yang benar dari beberapa pilihan berdasarkan isi teks dengan ketepatan minimal 80%.
- Peserta didik mampu memilih dan menjelaskan dua hikmah dari menerapkan adab membaca Al-Qur’an dengan benar minimal 80%.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahamannya tentang iman kepada malaikat dengan memilih dua tindakan yang mencerminkan perilaku beriman kepada malaikat, seperti berbuat jujur dan menghindari maksiat dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang cara menghindari ria dan nifak dengan memilih dua sikap yang mencerminkan keikhlasan, kejujuran, dan kesesuaian antara niat dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang adab membaca Al-Qur’an dan berdoa dengan memilih dua contoh perilaku yang sesuai dengan adab tersebut, seperti membaca dalam keadaan suci dan berdoa dengan suara lembut serta penuh kekhusyukan.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang iman kepada Malaikat Raqib dan Atid dengan memilih tindakan yang menunjukkan kesadaran akan pencatatan amal oleh malaikat, seperti bersikap jujur saat sendiri atau tetap beribadah meski tidak diawasi.
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pemahaman tentang sikap menghindari ria dengan memilih atau menjelaskan contoh perilaku yang mencerminkan amal ikhlas, seperti membantu tanpa menceritakan ke orang lain dan tidak kecewa jika tidak dipuji.
- Peserta didik dapat menganalisis dan menjelaskan perbedaan antara sikap yang mencerminkan pemahaman kuat terhadap iman kepada malaikat (seperti berhati-hati dan jujur dalam bertindak karena sadar amal dicatat malaikat) dan sikap yang menunjukkan lemahnya pemahaman (seperti berbuat dosa sembunyi-sembunyi) berdasarkan teks yang diberikan.
- Peserta didik dapat menganalisis dan membedakan sikap berdoa yang menunjukkan penerapan adab berdoa yang dianjurkan dan sikap yang menunjukkan kurangnya penghayatan atau kekhusyukan dalam berdoa berdasarkan informasi yang diberikan dalam teks.
- Peserta didik dapat menganalisis dan membedakan motivasi dan reaksi yang mencerminkan sikap ria dan ikhlas dalam melakukan amal kebaikan sesuai dengan penjelasan pada teks.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi tugas-tugas malaikat utama dan menjelaskan pengaruh iman kepada malaikat terhadap sikap berhati-hati dalam berperilaku berdasarkan teks yang diberikan.
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian ria dan nifak, membedakan jenis-jenis nifak, dan menguraikan dampak buruk keduanya berdasarkan teks yang diberikan sebagai dasar untuk memahami pentingnya keikhlasan dan kejujuran dalam beramal.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi dua adab yang sesuai dalam membaca Al-Qur’an dan berdoa berdasarkan teks, sehingga dapat memahami pentingnya adab tersebut dalam meningkatkan kekhusyukan dan penghormatan terhadap ibadah.
SELAIN DARI KISI-KISI DI ATAS, KAMU JUGA BISA LATIHAN SOAL DARI LINK BERIKUT YA NAK.
Latihan Soal Akidah Akhlak Kelas 7 MTs Semester Genap Lengkap 2025
- Kisi-Kisi UAS/PAS Akidah Akhlak Kelas 7 Semester Genap Terbaru 2025
- Download Kisi-Kisi Akidah Akhlak Kelas 7 Semester Genap untuk UAS/PAS
- Kisi-Kisi Soal UAS/PAS Akidah Akhlak Kelas 7 Semester 2 Lengkap
- Persiapan UAS/PAS: Kisi-Kisi Akidah Akhlak Kelas 7 Semester Genap
- Kisi-Kisi Akidah Kelas 7 Semester Genap 2025 – Panduan Belajar UAS/PAS