Makalah (Esensi Peserta Didik)

Pendidikan Islam merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen penting yang saling berhubungan (Baca: Pengertian Pendidikan Agama Islam ). Di antara komponen yang ada dalam sistem tersebut adalah peserta didik ( Baca : Konsep dan Pengertian Peserta Didik). Pengkajian terhadap peserta didik memang menjadi bahan diskusi yang tetap aktual dan menarik, sebab peserta didik paling menentukan berhasil tidaknya proses pendidikan yang dilaksanakan dalam mencapai tujuan pendidikan. Untuk itu peserta didik mesti dibimbing, diarahkan, dan dikembangkan secara dinamis sesuai dengan relefansi kebutuhan dan tuntutan zaman, agar tidak menjadi generasi yang tidak berguna bahkan justru merusak.

Untuk itu, makalah yang sederhana ini akan menganilisis secara filosofis tentang peserta didik dalam perspektif pendidikan Islam, dengan harapan kajian ini memberikan pemahaman yang lebih utuh tentang konsep peserta didik sehingga memberikan kontribusi yang jelas terhadap pengembangan keilmuan di bidang pendidikan Islam. Namun, apa yang tertulis secara eksplisit dalam makalah ini tentu kurang memadai untuk memenuhi harapan tersebut tanpa adanya kritik, saran dan diskusi lebih lanjut tentang gagasan-gagasan yang ada. Maka kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat diharapkan dari peserta diskusi untuk memenuhi harapan dimaksud.

Supaya memperoleh deskripsi yang lebih jelas dalam penyajian makalah ini, sengaja saya berikan batasan rumusan masalah sebagai berikut :

    Baca Juga
    Pengertian Pendidikan Agama Islam
    Konsep Pendidikan Islam Terpadu 
    Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Hamka
    Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina
    Esensi Pemikiran Pendidikan Islam Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Islam
    Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu haldun

definisi atau pengertian peserta didik dalam pendidikan islam
perkembangan peserta didik dalam pendidikan islam
karakteristik peserta didik dalam pendidikan islam
pesrta didik sebagai subjek dan objek dalam pendidikan islam
Peran dan tanggung jawab peserta didik dalam pendidikan islam
Silahkan lajutkan bacaan sobat dengan mengikuti link di bawah ini