Makalah (PENGERTIAN HIKMATUT TASYRI’ DAN HIKMATUS SYAR’IY)

Sejarah merupakan salah satu cara untuk mengetahui peristiwa yang telah lalu dengan mempelajari secara kronologis. Untuk mengetahui sejarah hukum Islam harus diketahui terlebih dahulu latar belakang munculnya suatu hukum baik yang didasarkan pada al-Qur’an dan Sunah maupun yang lainnya .

Dengan demikian kita bisa memahami dari mana hukum itu muncul dan dengan sebab apa. Yang paling penting lagi, ada apa dibalik semua itu, mengapa ada syar’I dan juga tasryi’ apa hikmah dengan munculnya syar’I dan tasyri’. Bagaimana seandainya ditiadakannya syar’I dan tasyri’.

Oleh karena itu mengetahui hikmah dari tasyri’ dan syar’I sangatlah urgen supaya tidak ada kesalah fahaman mengenai istilah-istilah maupun penggunaanya khususnya bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam yang nantinya diharapkan bisa mengajari anak didiknya dengan benar.

Misalnya tentang pengertian tasyri’, tasyri' adalah apa yang diturunkan Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk hambaNya berupa manhaj (jalan) yang harus mereka lalui dalam bidang aqidah, muamalat dan sebagainya. Termasuk di dalamnya masalah penghalalan dan pengharaman. Tidak seorang pun berwenang menghalalkan kecuali apa yang sudah dihalalkan Allah, juga tidak boleh mengharamkan kecuali apa yang sudah diharamkan Allah. Dari pengertian ini megandung hikmah bahwa manusia itu mahkluk yang lemah dan lalai .

Selanjutnya akan kita bahas tentang substansi kajian dari pengertian Hikmatut Tasyri’ sebagai berikut.

Pengertian Tentang Hikmah
Pengertian Hikmatut Tasyri’ Dan Hikmatus Syar’iy
Pengertian fiqih
Perbedaan Syari’ah dan Fiqih
Perbedaan Antara Hikmatut Tasyri’ Dan Hikmatus Syar’iy

Untuk mendapatkan file yang lengkap, silahkan ikuti langkah kami
LANGKAH KAMI