Makalah Dinasti Ghaznawiyah (Masa Kejayaan Hingga Kehancuran)



Perjalanan dinasti ghaznawiyah sangat kompleks,namun dinasti ini murupakan dinasti yang memantapkan posisinya di wilayah india,ghaznawiyah juga terkenal sebagai benteng terkuat sunny. Namun ada juga yang mengatakan dinasti ghaznawiyah didirikan Sebuktegin. Berdirinya ghaznawiyah tidak bias lepas dari peran dinasti samaniyah, dimana Sebuktegin turut aktif dalam membantunya seperti perlawanan terhadap simjur budak Ahmad ismail prenguasa ke tiga samaniah. Disela-sela membantu Ismail inilah Sebuktegin juga menaklukkan daerah sekitar sehingga secara tidak langsung Ia telah meletakkan dasar imperium.[1] Adapun kepala negaranya yang sangat berperan  adalah Mahmud dengan alasan, (1) mampu menaklukkan wilayah Punjab, (2) keruntuhan samaniah mengunytungkan beliau sebagai kepala negera. Sehingga dapat dikatakan bahwa Sebuktegin, Mahmud dan Ibrahim merupakan kepala Negara ghaznawiyah yang memiliki andil yang cukup besar bagia eksistensinya.
Sedangkan keruntuhan ghaznawiyah sedikit banyak dipengaruhi oleh serangan dinasti Seljuk serta adanya perebutan kekuasaan diantara para pewaris pemerintahan. Konstribusi terbesarnya adalah mengenalkan Islam pada dataran India serta menjadi kubu pertahanan yang kuat bagiidiologi sunny


[1] Syafiq A Mughni, Perpecahan kekuasaan Islam, Ensiklopedim Tematis 2, (Jakarta: PT Ichtiar Baru Van hoeve, 2002) , Hal 129.