Faktor-faktor yang mendasari proses interaksi sosial

Terdapat beberapa faktor yang mandasari proses interaksi sosial  diantaranya adalah :

1.      Imitasi
Adalah proses belajar seseorang dengan cara meniru orang lain, baik dalam bentuk sikap (atribut), penampilan (performance), tingkah laku (life style). Dengan melalui invitasi seseorang belajar di dalam lingkungan  masyarakat mengenai nilai-nilai yang harus dilakukannya.
Sisi negatif dari proses ini adalah munculnya tipologi manusia yang pasif dan tidak memiliki kreatifitas.

2.      Sugesti
Adalah cara pemberian suatu cara pandang atau pengaruh oleh seseorang kapada orang lain, sehingga orang tersebut dapat mengetahui apa yang dilakukannya.

Sugesti merupakan anjuran yang bersifat menggugah spontan emosi seseorang tersebut tanpa piker panjang dan keberhasilan seseorang mengsugesti dapat dipengaruhi hal-hal berikut:
    Orang yang memberikan sugesti lebih berwibawa.
    Pandangan yang diberikan ada kaitannya dengan objek (penerima).
    Lebih cepat apabila penerima sugesti dalam keadaan emosi tidak stabil.

3.      Identifikasi
Adalah kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi samas dengan orang lain, proses identifikasi  lebih mendalam dibandingkan dengan imitasi, mengidentifikasikan atau menyamakan diri dengan orang lain.

4.      Simpati
Adalah keterkaitan yang timbul dalam diri seseorang yang membuatnya merasa seolah-olah berada dalam keadaan orang lain, dalam proses simpati yang memegang peranan penting adalah perasaan, meski dorongan utamanya adalah keinginan untuk memahami dan berkerja sama dengan pihak lain tanpa memandang keadaan dan status.