Pengertian ILMU ALAMIAH DASAR ( IAD ) ILMU SOSIAL DASAR ( ISD ) DAN ILMU BUDAYA DASAR ( IBD )

Disiplin ilmu yang tergolong IAD adalah: fisika kima, astronomi, geologi, metereologi, serta biologi. Lima yang terdahulu mewujudkan ilmu-ilmu fisis, sedang yang terakhir ilmu-ilmu biotis ( dengan perincian utama : zologi, fitologi, dan fisiologi manusia).

Adapun ISD meliputi dua kelompok utamanya: studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga-lembaga sosial. Yang terdahulu terdiri atas psikologi, sosiologi dan antropologi, sedangkan di kemudian hari menambah, yaitu terdiri dari ekonomi dan politik.

Sementara itu, IBD dibagi menjadi tiga kelompok. pertama SENI ( sastra, musik, seni rupa, seni tari dan berpidato ), SEJARAH, AGAMA FILSAFAT.

Adapun penjelasan lanjut yang termasuk dalam kategori disiplin ilmu IBD di antaranya:
Sejak manusia hidup dalam kondisi sederhana seni menempati posisi yang penting dalam kehidupannya. Sejarah peradaban umat manusia juga menunjukkan bahwa, dalam seni terdapat beberapa ekspresi manusia yang menonjol dalam pengertiannya atas eksistensinya. Sastra yang diajarkan di sekolah dan perguruan tinggi berpendekatan kritik leterer, di dalamnya tercakup hakikat sastra, analisisnya,  evaluasinya dan tempatnya di dalam hidup manusia.

Sejarah yang diajarkan sebagai disiplin yang menelaah manusia dalam dimensi waktu dengan mengutamakan telaahnya pada masa lampaunya. Manusia di situ dilukiskan sebagai ciptaan Allah, makhluk pencipta budaya, pencipta peradaban. Melalui perubahan, pengajar sejarah bermaksud mengertikan isi pengalaman buat manusia bdi masa lampau serta kondisinya sekarang sebagai mana terdapat dalam berbagai kelompok kehidupan. 

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia berkomunikasi dengan sesamanya secara langsung sehingga membutuhkan retorika lisan.