Inilah Pengumuman Hasil SBMPTN 2016

Saya Ucapkan Selamat, kepada seluruh calon mahasiswa yang namanya telah masuk dalam daftar kelulusan dari Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN. Total jumlah dari Pengumuman Hasil SBMPTN 2016 ini ada sekitar 126.804 peserta yang saat ini sudah diterima di perguruan tinggi favorit yang mereka tuju.

Menurut Rocmat Wahab selaku ketua dari tim panita SBMPTN, jumlah yang lulus diatas adalah hasil dari seleksi peserta yang mulanya berjumlah 721.326 pendaftar.

Dalam konfrensi pers yang digelar di gedung D, Kement Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi atau Kemenristekdikti di Senayan Jakarta pada tanggal 28 juni 2016 itu Rochmat menuturkan bahwa, seluruh peserta lebih dari 126 ribu itu masuk dan tersebar di 78 PTN / Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia.

"Pada tahun 2016 ini total mahasiswa yang masuk dan terdaftar melalui seleksi ini cenderung naik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya", ujar Rochmat. Sementara itu Rektor UNY juga menyambung perkataan ketua SBMPTN, "Jumlah peserta pada tes kali ini memang naik, namun tingkat kenaikannya tidak terlalu signifikan".

Inilah Pengumuman Hasil SBMPTN 2016

Jika ditinjau dari data pada tahun-tahun sebelumnya dimulai pada tahun 2014 terdapat 664.509 pendaftar. Dan pada tahun 2015 ada sebanyak 693.185 peserta, dan yang terakhir adalah peserta SBMPTN tahun 2016 ada sebanyak 721.326 peserta SBMPTN.

Peserta Bidikmisi pada tahun 2016 ada sebanyak 124.398 orang, sementara lainnya yang berjumlah 596.928 adalah peserta non-bidikmisi yang mengikuti tes SBMPTN.

Untuk Informasi dari hasil tes SBMPTN tahun 2016 saat ini sudah  bisa dicek oleh kita. Sebenarnya pengumumannya sudah bisa dicek tadi sore, pada selasa tanggal 28 juni 2016. Sementara untuk Pengecekannya bisa dibuka pada halaman resmi pengumuman seleksi SBMPTN di : http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Saya berdoa, semoga anda yang telah mengikuti seleksi test SBMPTN ini adalah salah satu dari total 126.804 pendaftar yang telah diterima. Bagi anda yang belum masuk di daftar tersebut jangan berkecil hati. Karena pada dasarnya kegagalan bukanlah alasan untuk kita berendah diri. Kita kudu Move On, bangkit dan mencari alternatif lain agar kita bisa sesegera mungkin dapat melanjutkan studi kita.

Dan sekali lagi saya memiliki keyakinan bahwa, semua itu sudah ditentukan oleh Allah. Tidak pernah sekalipun Allah salah menuntun nasib hambanya. Karena itu satu hal yang menjadi keyakinan saya adalah, dimanapun anda meneruskan studi, pasti itu adalah yang terbaik untuk anda.

Tetap bersyukur, insyaallah Allah akan selalu mengalirkan pintu kebaikannya untuk kita. Salam sukses, :-D.