Pengertian Hadits Ahad - Kedudukannya Sebagai Hujjah

Di dalam Islam ada dua hal yang dijadikan sebagai landasan dalam penggalian hukum. Pertama adalah al-Qur'an dan yang kedua adalah al-Hadits atau as-Sunnah. Dari dua perkara tersebut kali ini kita akan berbicara sumber hukum yang kedua, yaitu hadits dari salah satu pembagiannya. Lalu hadits pada tingkatan mana yang akan kita bahas? seperti judul di atas, hadits yang akan menjadi topik perbincangan kita kali ini adalah hadits Ahad. Penulis akan menguraikan pengertian Hadits Ahad serta kedudukannya apabila dijadikan sebagai hujjah dalam suatu perkara Syar'i.

Pengertian Hadits Ahad

Secara bahasa yang dikatakan ahad berarti memiliki arti kata satu. Sementara hadits Ahad / Khabarul wahid, merupakan suatu khabar yang telah diriwayatkan oleh seorang saja. Sementara jika kita tinjau secara istilah, maka yang dimaksud dengan hadits ahad adalah hadits yang belum atau tidak memenuhi syarat-syarat mutawatir. Lebih detail terkait penjelasan hadits ahad sendiri dalam penjabarannya terbagi menjadi 3 bagian.

Hadits Masyhur
Secara bahasa yang dimaksud dengan masyhur adalah tampak. Sementara pengertian Hadits Masyhur meurut istilah, adalah hadits yang telah diriwayatkan tiga perawi atau bahkan lebih dalam tiap-tiap tingkatan. Akan tetapi belum mencapai batas mutawatir seperti yang telah ditentukan oleh Jumhur Ulama terdahulu. Istilah lain yang juga digunakan untuk menyebutkn hadits Masyhur ini adalah Al-Mustafidh.

Hadits Aziz
Jika dari segi bahasa, Aziz bermakna Yang kuat, yang gagah atau yang sedikit. Sementara menurut istilah, pengertian aziz adalah hadits yang minimal didalamnya terdapat sekurang-kurangnya dua sanad, sementara itu jumlah perawinyapun berlainan.

Hadits Gharib
Secara bahasa yang dimaksud dengan hadits Gharib adalah yang memiliki kekerabatan jauh. sementara menurut istilah adalah hadits yang diriwayatkan oleh satu perawi seorang diri. Sebagian ulama ahli hadits mengatakan, hadits Gharib ini dengan istilah lainnya yaitu hadits AL-Fard.

Kedudukan Hadits Ahad Bila Dijadikan Sebagai Hujjah

Teramat sangat panjang bila dalam penjelasan ini diuraikan satu persatu, oleh sebab itu dalam penjabarannya terkait hadits ahad yang dijadikan sebagai hujjah ini, akan disajikan dalam bentuk kesimpulan atau point-point pentingnya saja.











https://jacksite.wordpress.com/2007/07/04/ilmu-hadits-definisi-hadits-ahad-hadits-masyhur-hadits-aziz-hadits-gharib/
https://aljaami.wordpress.com/2010/06/08/hadits-ahad-sebagai-hujjah/