Buku Siswa Kurikulum 2013

Buku sebagai media ajar adalah salah satu dari landasan atau komponen pendidikan yang harus dan hukumnya bisa dikatakan wajib ada pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dan tentunya buku yang digunakan dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan kurikulum yang sedang dipakai pada saat itu juga. Misalkan pada tahun 2013 lalu kita masih menggunakan kurikulum KTSP, maka seyogyanya buku yang digunakan adalah buku KTSP.

Guru akan sangat kesulitan bila kurikulum yang tengah mereka jalani, namun guru tersebut ternyata menggunakan pegangan buku yang tidak sesuai dengan kurikulum yang dipakainya. Katakanlah pada saat ini seorang guru menggunakan buku lama, sedangkan pada saat guru tersebut mengajar telah beralih kurikulum, yakni Kurikulum 2013. Maka tidak akan relevan atau sebanding lurus dengan kompetensi yang seharusnya dapat tercapai pada diri siswa.

Ketidak tercapaiannya KKM bisa saja disebabkan hal tersebut di atas, maka dari itu, bagi para guru yang saat ini sedang menjalani atau mengajar hendaklah mampu memahaminya, pada saat ini guru benar-benar dituntut menjadi pribadi yang profesional. Seperti pada kurikulum 2013, karakter siswa seolah-olah adalah sesuatu yang benar-benar dituntut untuk dinomer satukan. Dan untuk membentuk siswa berkarakter sesuai dengan apa yang telah dicita-citakan oleh pendidikan di Negar kita, kita dituntut untuk sangat berhati-hati. Baik dalam bersikap, bicara, terutama dalam menerapkan pembelajaran baik secara formal maupun non-formal.

Guru kencing berdiri maka murid kencing berlai, itulah quote yang selaras dengan apa yang tengah kita bicarakan saat ini. Jika guru masih semena-mena, maka jangan pernah berpikir bagi kita untuk bisa melihat para siswa kita mampu bersaing di dunia global. Tunggu dan saksikanlah mereka terlunta-lunta diseret oleh palu reformasinya teknologi abad 21. 

Dan salah satu strategi kita untuk memperbaiki cara mengajar kita adalah, mari kita jalani sesuai apa yang telah diultimatumkan pada pendidikan kita sekarang. Kita boleh mengeluh karena tanggung jawab seorang guru di eranya kurikulum 2013 ini sungguh sangat besar. Namun hidup bukanlah untuk mengeluh, mari kita buka kembali buku ajar guru menurut bidangnya masing-masing, tentunya harus sesuai dengan kurikulum yang kini tengah anda jalani.

Berbicara tentang kurikulum dan buku membuat saya ingin bertanya, Anda sudah mendapatkan buku kurikulum 2013 belum? jika belum, anda bisa memiliki soft bukunya di blognya pak guru keren, silahkan dikunjungi blog beliau, ini linknya Buku Pegangan Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Edisi 2014 


Sekian dulu Update Perahu Jagad kali ini. Terimakasih untuk perhatiannya.