Happy New Year 2015, Renungan di Awal Tahun 2015


Tahun 2014 telah kita lewati, dan kini saatnya kita menapaki hidup pada tahun yang berikutnya, yaitu tahun 2015. Mungkin banyak sekali di tahun 2014 yang lalu kita telah melakukan kesalahan, atau mungkin ada banyak juga  moment-moment penting yang seharusnya dapat berjalan dengan maksimal namun dalam kenyataannya berjalan dengan tidak atau kurang sempurna. Oleh sebab itulah Kami sebagai operator perahu jagad ingin mengajak anda untuk merenungi segalanya. Dan semoga dengan terbacanya tulisan ini oleh anda, Anda dapat menemukan pencerahan.
Semua itu berawal dari waktu, Banyak sekali kutipan-kutipan yang akrab di telinga kita yang terikat dengan waktu. Quote atau kutipan tersebut di antaranya
Waktu adalah uang
Pergunakan waktumu sebaik mungkin, sebab jika tidak, kau yang akan dicabik oleh waktu
Waktu untuk bertindak adalah saat ini. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu.

Waktu Adalah Uang

Begitu pentingnya peran uang dalam kehidupan manusia seakan-akan telah mengalihkan peran dan tujuan manusia hidup di muka bumi. Masih ingatkan tujuan manusia di muka bumi? dialah pemimpin, bagi umat, bagi masyarakat, bagi keluarga juga bagi dirinya sendiri, Dan semata-mata manusia diturunkan di muka bumi ini hanyalah untuk mengabdi kepada Allah S.W.T. Istilah Waktu adalah uang muncul dari hasil pemikiran Orang Barat, di mana corak pandang pemikiran mereka lebih kepada corak yang bersifat materialistik.  Namun Demikian, lihatlah apa yang dikatakan dan jangan melihat siapa yang bicara. Bukankah begitu? :D . Dan Istilah uang di sini jangan kita artikan sebagai arti sesungguhnya. Kita buat definisi saja, uang dalam quote di atas adalah sesuatu yang berperan penting bagi kita atau sesuatu yang memiliki nilai tinggi di mata kita.  Dan bila sudah demikian, bila kita ingin menyelaraskan antara waktu dan uang maka kita tidak akan merasa terbebani oleh pengertian sesugguhnya dari uang.
Berdasarkan paragraf di atas, Bisa jadi pada tahun 2014 yang lalu -kita- telah banyak sekali kehilangan uang atau waktu, nah, sekaranglah mari kita kembali menengok masa lalu, mari kita renungkan, mari kita buat skema persiapan guna memperbaiki segalanya. Sebab, tak pernah ada kata terlambat ketika kita ingin berbenah.

Pergunakan waktumu sebaik mungkin, sebab jika tidak, kau yang akan dicabik oleh waktu

Quote ini berasal dari Bahasa Arab, dan kurang lebih artinya seperti di atas. Betapa waktu bisa kita ibaratkan sebagai sebuah senjata yang akan selalu menghantui kita bahkan menyiksa kita bilamana senjata yang kita miliki tersebut kita letakkan sembarangan. Mungking bila itu terjadi, yang akan kita dapatkan adalah sebuah kelalaian yang menyebabkan kehancuran bagi diri kita. Mari, di tahun 2015 ini kita bangkit. Untuk tidak menyiakan waktu. Untuk terus bisa mengalahkan waktu.

Waktu untuk bertindak adalah saat ini. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu

Kutipan di atas penulis ambil dari kutipannya Carl Sandburg. Dan diakhir tulisan ini, tahun 2014 bukanlah sesuatu yang harus dilupakan, namun justru sebaliknya. Tahun 2014 adalah sebagai tolak ukur untuk kita melangkah. Pada masa lalu sebagai masa yang pernah kita lewati, seyogyanya kita jadikan sebagai bahan koreksi diri. Dan marilah kita sambut tahun 2015 sebagai tahun perubahan. Di mana kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik.