Pekerjaan Yang Dilarang Ketika Tengah Berhadas Kecil Dan Besar

Di dalam Islam terdapat beberapa larangan untuk dilakukan ketika seseorang tengah berhadas. Baik itu merupakan hadas besar maupun kecil. Mungkin jika dari teman-teman masih ada yang belum tahu, mari kita simak hal-hal yang dilarang untuk dilakukan ketika seseorang tengah berhadas pada uraian berikut ini:

Hal-hal yang dilarang dilakukan ketika hadas kecil

  1. Dilarang melakukan shalat fardhu maupun shalat sunnah. Termasuk juga sujud tilawah, sujud syukur dan hutbah jum'at. Nabi Muhammad bersabda yang artinya : Allah tidak menerima shalatnya dari salah satu dari kamu jika dia berhadas hingga orang tersebut berwudhu ( Hadits riwayat Bukhaari Dan Muslim)
  2. Dilarang melakukan Thawaf. Baik itu Thawaf fardhu maupun thawaf sunnah.
  3. Pekerjaan yang dilarang selanjutnya adalah membawa atau menyentuh mushaf al-Qur'an. Namun bila dalam keadaan tertentu menyendtuh mushaf diperbolehkan. Diperbolehkannyapun lantaran beberapa sebab. Beberapa diantaranya adalah ketika kita menyelamatkan al-Qur'an yang akan terbakar, tenggelam dan lain sebagainya. Nah, pada keadaan yang seperti ini menyelamatkan Al-Qur'an hukumnya akan menjadi wajib karena untuk menjaga kehormatannya.
  4. Pada point nomer tiga di atas terkait larangan menyentuh al-Qur'an ketika tengah berhadas dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad yang artinya:  Dari Abu Bakri bin Muhammad. Sesungguhnya Nabi besar Saw. telah mengirim surat kepada penduduk Yaman. Dalam surat itu beliau menyebutkan kalimat: "Tidak boleh menyentuh Al-Qur'an kecuali orang yang suci." (Hadits Riwayat Daruqutni).

Hal-hal yang dilarang disebabkan karena hadas besar atau junub

  1. Melakukan shalat. Baik yang wajib maupun sunnah. Untuk keterangannya selaras dengan point pertama pada perkara yang tidak boleh dilakukan ketika sedang berhadas kecil.
  2. Dilarang Thawaf
  3. Sama halnya dengan point ketiga pada pekerjaan yang dilarang ketika hadas kecil.
  4. Membaca Al-Qur'an. Sabda Rasulullah : " Tidak boleh bagi orang yang sedang junub dan wanita yang tengah haid membaca sesuatu dari al-Qur'an." (Hadits Riwayat Tirmizi, Abu Daud, dan Ibnu Majjah)
  5. Beri'tikaf di dalam masjid. walau hanya berhenti sejenak.


Sahabat Perahu Jagad dimanapun anda berada, kiranya cukup sekian artikel ini. Semoga kita senantiasa mendapat petunjuk dan hidayah dari Allah. sehingga kita termasuk pada golongan orang-orang Islam sejati. Sampai di sini dulu ya artikel tentang Pekerjaan Yang Dilarang Ketika Tengah Berhadas Kecil Dan Besar.

Jangan lupa juga untuk kunjungi artikel menarik lainnya di bawah ini:

Adab Seorang Muslim Ketika Buang Air Kecil Dan Besar
Macam-Macam Dan Tingkatan Jenis Najis Serta Tata Cara Menyucikannya
Bersuci Sebagai syarat Penting Dalam Beribadah