Hal-Hal Yang Dapat Membatalkan Shalat

Sebagai seorang muslim mukallaf atau baligh yang sudah dikenai kewajiban untuk mendirikan shalat, hendaklah kita mengetahui seluk beluk atau tatacara shalat. Alasannya adalah, agar ibadah kita tidaklah sia-sia. Dan amalan kita menjadi berkah sehingga hidayah Allah senantiasa bersama kita. Salah satu dari yang wajib kita ketahui tentang shalat adalah Hal-Hal Yang Dapat Membatalkan Shalat.
Baiklah, untuk mempersingkat pembahasan kita kali ini, mari kita simak bersama-sama terkait perkara yang dapat membatalkan shalat. Baik shalat fardhu maupun shalat sunnah.
Hal-Hal Yang Dapat Membatalkan Shalat
  1. Meninggalkan salah satu rukun shalat. Atau dalam kasus ini bisa juga diartikan begini, " Di dalam rukun shalat ada yang namanya (Tuma Ninah : berdiam diri sejenak), Dan apabila ada orang yang misalkan pada gerakan rukuk kok belum sempurna gerakan rukuknya lalu orang tersebut dengan cepatnya melakukan rukun selanjutnya yakni i'tidal, maka ini sama halnya menghilangkan satu rukun". Dan ketika satu rukun telah hilang, maka ibadah shalat tersebut tidaklah sah. Baca : 13 Rukun Shalat Wajib Dan Sunnah
  2. Meninggalkan salah satu syarat shalat. ORang yang meninggalkan salah satu syarat shalat, maka shalatnya batal. Pada kasus ini misalkan orang tersebut tidak sengaja buang angin ketika shalat (berhadas kecil) maka shalatnya batal. Selain itu apa bila badan atau pakaian orang yang sedang shalat terkena najis yang tidak bisa ditoleransi, maka ibadahnya batal. Namun apabila najis tersebut kering dan mudah untuk dihilangkan ketika itu, maka ini tidaklah membatalkan shalat dengan catatan najis tersebut benar-benar hilang. Dan yang terakhir adalah, dalam menjalankan ibadah shalat, orang-orang Islam wajib hukumnya untuk menutup aurat. Bagi mereka yang auratnya terbuka disaat sedang menjalankan ibadah shalat, maka shalatnya akan batal. Kecuali bila auratnya tersebut dapat dengan segera ditutup kembali, maka shalatnya tidak batal. Baca : Syarat-Syarat Sah Mendirikan Shalat dan Syarat Wajib Shalat Fardhu / Shalat Lima Waktu
  3. Menyengaja bicara selayaknya berbicara kepada manusia pada umumnya. Dalam point ini, meskipun  orang yang sedang sembahyang berbicara terkait shalat, maka hal tersebut juga dapat membatalkan shalat. Kecuali ketika kita sedang lupa
  4. Menggerakkan anggota tubuh secara tiga kali berturut-turut diluar rukun shalat. Ketika kita sedang shalat, Pada waktu kita kita diminta untuk meninggalkan segala aktifitas dunia. Seluruh aktifitas kita fokuskan kepada Allah.
  5. Makan atau minum. Makan dan minum juga termasuk dalam salah satu hal-hal yang dapat membatalkan shalat. Selaras dengan point ke empat, orang yang sedang mendirikan ibadah shalat, hendaklah mereka memfokuskan diri mereka kepada apa yang sedang mereka kerjakan. Dan secara langsung, kalimat tersebut menegaskan, Jangan Melakukan pekerjaan disaat sedang melakukan shalat.
Perintah shalat adalah ibdah wajib yang harus dilaksanakan lima kali dalam satu hari. Dan apa bila Sobat sudah baligh, maka tidak ada alasan bagi Sobat untuk meninggalkan shalat. Terkecuali terdapat udzur yang benar-benar darurat. Cukup Sekian Pembahasan kita kali ini terkait Hal-Hal Yang Dapat Membatalkan Shalat, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Amiiin.