Risalah Lengkap Sujud Tilawah

Pengertian Sujud Tilawah adalah Sujud Bacaan. Maksudnya adalah, tatkala seseorang mendengar atau membaca ayat-ayat sajadah yang tertera di dalam al-Qur'an, maka mereka disunnatkan untuk melakukan sujud sebanyak satu kali.





Hukum bagi orang-orang yang mendengarkan kalimat-kalimat sajadah mengikuti orang yang membaca ayat tersebut. Bila diketahui orang yang membaca kalimat sajadah melakukan Sujud Tilawah, maka orang yang menengarkannya pun disunnatkan untuk melakukan hal yang serupa. Namun bila sebaliknya, orang yang membaca ayat sajadah tidak melakukan sujud tilawah. Maka orang yang mendengarkannya tidak disunnatkan untuk melakukan sujud tilawah ini.


Amalan Sunnah Sebelum Shalat Dikerjakan
Dalil Tentang Sujud Tilawah
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi terkait Sujud tilawah bisa Anda baca di sini...
Pengertian Dan Rukun Sujud Tilawah-Sumber Dalil Hukum Sujud Tilawah

Rukun Sujud Tilawah
  1. Membaca Niat
  2. Takbiratul Ihram
  3. Sujud
  4. Memberi Salam Setelah Selesai Duduk

Syarat-syarat Melakukan Sujud Tilawah
Syaratsyarat melakukan sujud Tilawah ini sama dengan yang terdapat pada syarat shalat. Antara lain yang menjadi Syarat Sujud Tilawah adalah, Suci dari Hadas dan Najis, Menutup Aurat, Menghadap Kiblat.

Namun Sebagai catatan kita, Syarat sujud tilawah yang penulis sebutkan diatas hanyalah pendapat sebagian Ulama' yang memberikan gambaran syarat di atas sebagaimana ketika orang sedang shalat pada umumnya. Sementara dalam pendapat yang lain, sebagian ulama' berfaham, orang yang hendak melakukan Sujud Tilawah tidak dsyaratkan bagi diri mereka suci. Baik suci dari Hadas maupun Najis yang menempel pada pakaian badan dan tempat.

Bacaan Saat Melakukan Sujud Tilawah

Menurut beberapa ulama, bacaan Sujud Tilawah boleh dengan membaca do'a apa saja. Akan tetapi bacaan Sujud Tilawah yang sesuai dengan yang telah Nabi Muhammad ajarkan kepada kita bisa anda baca pada ayat berikut ini:
 :سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ“

 Artinya:”Wajahku bersujud kepada Penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta.”

Faedah Melakukan Sujud TilawahTidak hanya mendapatkan pahala bagi orang-orang yang menjalankan sunnat yang satu ini, sujut tilawah. Namun bagi orang yang melakukan amalan ini juga mendapatkan fadlah/faedah atau keutamaan.

Keutamaan orang yang melakukan sujud tilawah yakni tertera pada hadits Nabi Muhammad yang artinya

Pengertian Dan Rukun Sujud Tilawah-Keutamaan Sujut Tilawah

Dari Uraian yang tertera dalam gambar di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa, tatkala manusia atau anak Adam membaca ayat-ayat Sajadah sehingga mereka melakukan sujud tilawah, maka dalam keadaan tersebut setan-setan yang berada di dekatnya akan menangis.

Barangkali cukup sekian artikel atau pelajaran kita tentang "Risalah Lengkap Sujud Tilawah", Jangan lewatkan juga artikel menarik lainnya.