Guru Hebat Berprestasi Adalah Guru Yang Mampu Berkomunikasi Dengan Zaman

Asslamu'alaikum Kawan. Guru adalah sebuah profesi mulia. Dan teramat tinggi derajatnya di mata Allah. Baik mereka yang berprofesi sebagai guru agama maupun guru eksak. Bagaimana tidak, banyak sekali hadits dan ayat-ayat alqur'an yang memerintahkan agar ummat Islam menuntut ilmu, bahkan di dalam sebuah hadis nabi dikatakan, menuntut ilmu adalah kewajiban untuk setiap muslim laki-laki dan perempuan. Dan kewajiban ini dimulai dari saat kita tengah berada dalam timangan seorang bunda hingga deti-detik ajal menjemput.

Menuntut Ilmu hukumnya wajib, lalu bagaimana hukum menjadi seorang pengajar, atau biasa kita sebut Guru? Guru adalah orang yang memiliki ilmu. Mereka mengabdikan diri dalam rangka untuk melakukan yang namanya Transfer Of Knowledge. Dalam kaitannya dengan hal ini terdapat sebuah kutipan yang senantiasa aktual dan cocok untuk segala zaman, "sampaikanlah ilmumu, walau satu ayat".

Berdasarkan kutipan di atas, setidaknya kita dapat mengetahui hukum untuk menjadi seorang guru. Menjadi seorang guru menurut penulis hukumnya wajib. Kok wajib? Oke, guru yang penulis maksud adalah bukan sebatas guru formal. Akan tetapi terdapat juga di dalamnya adalah guru non-formal.

Seperti apa contohnya guru non-formal tersebut? Setiap individu dari manusia adalah guru. Dan setiap interaksi dalam kehidupan sehari-hari adalah proses belajar. Berarti dari sini kita dapat menyimpulkan, setiap orang yang kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari kita adalah guru bagi kita.

Lalu apa alasan penulis mengatakan wajib? Sebagai seorang muslim tatkala mereka melihat kemungkaran di atas muka bumi, maka mereka wajib membersihkan kemungkaran tersebut. Dan di sinilah peran guru non-formal untuk melakukan tugasnya. Bisa dengan cara menasehati atau sekedar mengajaknya ngobrol dan lalu diarahkan kepada prihal yang lebih baik.

Tapi penulis meminta maaf kepada sahabat pembaca, untuk dapat menyesuaikan dengan tema maka penulis akan mengerucutkan topik kita sesuai dengan judul yang tertera di atas, yaitu "Guru Hebat Berprestasi Adalah Guru Yang Mampu Berkomunikasi Dengan Zaman". Dan dalam kaitannya dengan hal ini, maka penulis akan menyoroti sisi guru dari sudut profesi atau guru formal.

Jika kita membicarakan seorang guru yang mampu berkomunikasi dengan zaman, berarti kita sedang membahas seorang guru yang tidak GapTek (gagap teknologi).  Dengan kata lain, seorang guru hendakalah melakukan reformasi dalam setiap bidang dan skill. Dan untuk melakukan reformasi tersebut, maka salah satunya seorang guru wajib hukumnya untuk selalu up-to-date terhadap perkembangan dunia teknologi. Tapi bukan untuk narsis-narsian di sosial media loh ya :D .

Salah satu yang bisa kita ambil contohnya adalah sosok Eko Purwanto, dari liputan6.com penulis mengutip, Eko ini memiliki gagasan hebat terkait dengan cara mengajarnya. Dimana letak kehebatannya? Beliau adalah guru inovatif yang dapat menggunakan waktu seefisien mungkin dalam pembelajarannya.

Guru Hebat Berprestasi Adalah Guru Yang Mampu Berkomunikasi Dengan Zaman

Dalam waktu hitungan menit saja dia sudah mampu berpindah-pindah tempat untuk melakukan transfer of knowledge. Perpindahan mengajar yang ia lakukan bukan lagi skala desa atau kecamatan, tapi bisa melebar ke antar profinsi bahkan antar pulau. Lalu bagaimana cara yang dilakukan pak eko dalam kurun waktu yang sangat singkat namun dapat berpindah-pindah lokasi dengan sangat cepat? Apa mungkin pak eko ini memiliki kekuatan untuk menghilang seperti dalam cerita angling dharma atau mak lampir? hehehe, simak kelanjutannya di bawah ini.

Ternyata dalam pembelajarannya ini pak Eko menggunakan yang namanya skype, lalu bagaimana cara penerapan yang dilakukan oleh pak Eko?

Pak Eko dalam pembelajarannya membuat sebuah kelas virtual. Beliau memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memadukan dengan materi yang diampunya. Dan seperti disebut di atas tadi, yang dimaksud kelas virtual ini adalah, pak eko dalam pembelajarannya tidak langsung berada di dalam kelas. Pak Eko memanfaatkan penggunaan aplikasi skype untuk melakukan pembelajarannya langsung dari tempat materi yang saat itu sedang dalam kajiannya. misalkan saja itu adalah Candi Prambanan.

Di dalam sebuah konferensi pers Guru Inovatif dan Inspiratif Pak Eko berkata "Dengan berada langsung di TKP, murid-murid menjadi tambah semangat dan lebih antusias untuk mengajukan berbagai macam pertanyaan.

Menurut pembaca strategi pengajaran pak Eko bagaimana? Jika menurut penulis sah-sah saja, namun dibalik kelebihan suatu strategi mesti memiliki kekurangan. Jika menurut penulis kekurangan yang ditimbulkan dari strategi iini adalah pemahaman karakter siswa. Bukankah dalam pembelajaran hendaknya kita tau persis kita saat itu berhadapan dengan siapa? bagaimana asal-usul keluarga? dan sisi psikologisnya bagai mana serta masih banyak lagi lainnya.

Nah itulah sosok inpiratif kita kali ini. Apakah anda salah satu seorang guru inspiratif? Guru Hebat Berprestasi Adalah Guru Yang Mampu Berkomunikasi Dengan Zaman. Salah satunya adalah Pak Eko Purwanto.