Sarjana Sulit Mendapat Kerja? Ini penyebabnya

Hampir setiap tahunnya ditotal dari seluruh Universitas di Indonesia mengeluarkan ribuan lulusannya. Beraneka ragam jurusan dan dengan jumlah ratusan mahasiswa lulus dengan nilai Cum Laude. Nnamun yang disayangkan tidak jarang dari pemilik nilai Cum Laude tersebut merasa kesulitan untuk mendapatkan dunia baru, dunia kerja. Dan bagi kalian para sarjana yang hendak segera mendapatkan pekerjaan simak cuplikan artikel dibawah ini. Semoga dengan membaca artikel "Sulit Mendapat Kerja? Ini penyebabnya", dapat mengetuk hati kita semua dan memperlancar jalannya kehidupan kita yang baru.

Alasan Mengapa Sarjana Sulit Mencari Kerja


1. Coum Laude Bukan Jaminan...!

Disaat kuliah dulu, gak sedikit anak-anak yang mungkin (cari muka) hanya untuk mendekati dosen dengan tujuan dapat nilai plus di mata dosen. Mungkin memang ada beberapa yang dengan niatan tulus dan ihlas, sayangnya nggak jarang juga yang cuma caper :D. Dan ternyata benar, mereka yang caper banyak yang dapat nilai mumtaz broo, padahal kalau diukur dengan skill temen-temen yang lain, wah jauh dibawah standar.

Oke, nilai mereka barangkali bagus. Namun dengan nilai bagus itu apakah akan menjamin mereka masuk sorga? Ups, maaf, maksud saya masuk ke dunia kerja dan langsung kerja? Sayangnya jawaban saya adalah tidak.

La kok bisa, apa jawabannya? Para Mahasiswa berasumsi bahwa cepat atau tidak seseorang mendapat pekerjaan berdasarkan nilai. Sayangnya pernyataan terkait asumsi tersebut keliru besar. Faktanya, perusahaan-perusahaan ternama lebih mengutamakan soft maupun hard skill para pelamar.

Dan itu apakah banyak dimiliki oleh mereka? Untuk hal ini jawabannya relatif. Bergantung pada pembaca sendiri. Dan untuk membuktikan nilai tinggi bukan jaminan mudah mendapat kerja bisa dibuktikan dengan pemaparan saya di bawah ini.

2. Individualisme Tinggi

Jika anda adalah seorang individualis atau dalam bahasa yang lebih halus anda adalah satu dari jutaan manusia yang lebih menyukai self work atau apalah itu namanya yang tidak membutuhkan adanya seorang teman dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, maka Satu kata dari saya untuk anda. Rubah..!!!

Kekeliruan terbesar bagi perusahaan atau tempat-tempat kerja adalah ketika menerima orang semacam ini. Karena di dunia kerja, seluruhnya membutuhkan team. Bahkan sebuah lembaga terselubung atau lembaga rahasia pun membutuhkan pekerjanya yang bisa bekerja secara organisatif. Bukan individu.

3. Jaga Image, baca Imej

Anda adalah Mantan mahasiswa yang baru lulus satu atau dua minggu lalu? Dan anda memiliki cita-cita untuk menjadi seorang manager. Lalu oleh sebab itulah anda menampik tawaran dari luar karena tawaran tersebut hanyalah pekerjaan untuk pegawai biasa.

Sayangnya itu yang menjadi alasan dari sekian banyak fresh graduate tidak mendapatkan sebuah pekerjaan.

Hidup itu mengalir sob. Jika itu sungai, maka ia akan mencari jalannya satu persatu untuk bertemu di sebuah muara. Tidak ada satu jalanpun yang tidak ia lewati. Dan begitu juga dengan kita. Logika air tersebut menjawab, bahwa segala sesuatunya memiliki tahapan-tahapan.

Jika setelah membaca uraian ini anda masih menghayal untuk menjadi manger atau direktur, sekarang ambil bantal dan guling lalu menghayal saja di atas kasur. hehehe :D

4. Terlalu Idealis

Saya Fresh Graduate lulusan Pendidikan biologi, oleh sebab itu saya harus bekerja menjadi seorang guru biologi atau suatu pekerjaan yang memiliki  sangkut pautnya dengan pendidikan saya.

Pernyataan di atas adalah salah satu dari tipe orang yang terlalu idealis. Sob, idealis itu boleh, tapiiii,,, kalau lama kita gak punya pekerjaan, lalu kita mau hidup dari mana? udah sarjana masa masih mau bergantung sama orang tua? Kan lucu.

Jadi saran saya nih, apapun jenis pekerjaannya, jika itu pekerjaan yang halal dan hasil usahanya dapat digunakan untuk mengisi dompet, Why Not??? "Ambilah apapun kesempatan yang datang, Jangan Pernah mengabaikannya".

5. Takut Merantau

Inilah alasan kenapa dari beberapa Sarjana memiliki kesulitan dalam mencari pekerjaan. Katakan kita nggak ngrantau karena kita memiliki kewajiban untuk menjaga orang tua. Oke, its fine. Tapi kalau kita gak mau pergi dari lingkungan di mana kita tinggal dan terus menerus mencari pekerjaan di sana, mau sampai kapan?

Berani mengambil keputusan dan siap melangkah dari zona nyaman. Ini adalah ciri-ciri dari orang yang suatu saat nanti bisa menjadi orang besar. Coba tengok beberapa dari pembesar negara kita! Apakah mereka berasal dari satu tempat yang sama dari mereka dilahirkan dulu? Hampir dari keseluruhannya jawabannya adalah tidak. Dan ini yang bisa menjadi bahan renungan buat kalian. :D

Waktu terus berjalan. Jangan siakan kesempatan mudamu.

6. Cupu Dan Kurang Bersosial

Ini adalah jawaban dari point pertama tadi sob, jika point pertama saya mengatakan nilai tinggi tidak menentukan mudahnya mencari pekerjaan, maka pada point ke enam ini anda harus pandai bergaul. Untuk apa?

Semakin luas jangkauan pergaulan kita, maka akan semakin banyak informasi yang akan kita dapatkan nantinya. Dan semakin banyak info yang kita dapatkan, maka tidak menutup kemungkinan akan banyak pula lowongan kerja yang akan kita ketahui.


7. Malas

Ini nih, ALasan terujung yang nyangkut pada diri setiap manusia. Malas itu sifat buruk yang wajib dibuang jauh-jauh. Bagi sebagian dari para Sarjana mungkin masih banyak yang belum mau melupakan kisah lamanya selama menjadi Mahasiswa. Yaitu nongkrong bareng temen-temen dan pulang larut bahkan pagi dan siangnya diisi dengan tidur-tiduran.

Emangnya hidup gak bakalan tua? Inget Umur inget dunia inget ahirat sob! Kalian kudu Move On dari budaya lama dan siapkanlah diri kalian terjun ke dunia yang lebih real...!!!

Okelah sob. Mungkin itu beberapa alasan yang bisa saya tulis untuk mengisi waktu luang saya. Barangkali artikel tentang "Sarjana Sulit Mendapat Kerja? Ini penyebabnya" ini bisa membantu kita untuk lebih berfikir dewasa dan matang.