Tiga Garis Besar Faedah Zakat

Selamat datang dan berkunjung di halaman kami, yang dimaksud zakat adalah harta yang dikeluarkan oleh orang yang mampu. Diserahkan kepada amil dengan tujuan dikelola serta dibagikan kepada Mustahiq. Pada tulisan kami terdahulu yang kami masukkan dalam pembahasan bab Zakat, kami telah memberikan beberapa informasi dasar yang sangat penting untuk diketahui oleh Ummat Muslim. Untuk itu anda bisa memilih artikel bacaan dari kami pada BAB Zakat. Dan untuk melengkapinya agar pembahasan pada Bab Zakat lebih sempurna, maka kami kembali untuk menuliskan Tiga Garis Besar Faedah Zakat.

Secara garis besar, zakat memiliki Fungsi, Keutamaan atau Faedah zakat yang bisa digariskan pada tiga pembagian dalam skala besar. Pembagian tersebut dapat kita lihat dari sisi Sosial (dalam Bahasa arab Ijtimaiyyah), Akhlak (dalam bahasa arab Khuluqiyah), Agama (dalam bahasa arab Diniyyah). Baiklah, untuk lebih jelasnya mari kita uraikan satu persatu dari tiga Faedah Zakat tersebut.

Membayar zakat sebagai rukun Islam adalah kewajiban bagi orang yang mampu

Tiga Garis Besar Faedah Zakat

1. Faedah Zakat Bidang Sosial
  • Zakat adalah sarana yang digunakan oleh Islam untuk meringankan pemenuhan hajat para mustahiq, atau kaum fakir dan miskin. Dimana para fakir dan miskin merupakan kelompok mayoritas yang ada di seluruh penjuru Dunia.
  • Memberikan dukungan Ummat Muslim yang saat itu sedang berada di Jalan Allah, Sabillillah.
  • Zakat memiliki manfaat untuk mengurangi kecemburuan sosial antara si miskin terhadap si kaya. Pada kasus ini kebanyakan orang-orang fakir dan miskin ketika melihat orang-orang kaya menghambur-hamburkan uang, mereka akan merasa benci, sehingga mereka seakan memusuhinya. Dan untuk mengatasi hal tersebut, daripada si kaya memiliki gaya hidup hedonis dan kapitalis, lebih baik hartanya dizakatkan sehingga dapat memper erat hubungan antar sesama manusia.
  • Dengan berzakat, harta seseorang akan menjadi lebih berkah dan tentunya di mata Allah orang tersebut adalah orang yang mulia.
  • Dengan berzakat, maka di daerah orang yang berzakat tersebut akan terdapat perputaran barang zakat atau uang. Dengan adanya peredaran zakat atau uang tersebut maka akan memiliki banyak keuntungan atau manfaat yang bisa diambil darinya.

2. Faedah / Manfaat Zakat di Bidang Akhlak
  • Orang yang gemar membayar zakat, maka pada diri orang tersebut akan memancarkan jiwa kemuliaan yang didasari oleh sifat toleransi yang tinggi antar sesama manusia.
  • Orang yang membayar zakat akan senantiasa memiliki sifat rahmah, kalau dalam bahasa jawanya adalah sifat welas asih.
  • Orang yang telah memberikan harta maupun pengorbanan yang lainnya seperti pikiran tenaga dan waktu kepada sesama, maka orang tersebut akan memiliki jiwa yang mulia serta agung. Dasar itulah orang tersebut akan lebih dicintai oleh sesamanya dan tentunya akan dicatat sebagai pribadi yang saleh serta taat dan lagi baik di sisi Allah.
  • Zakat yang dalam pengertiannya disebutkan sebagai fitrah merupakan satu dari ibadah penyucian diri. Dan tentunya orang yang melakukan zakat, akhlaknya akan tersucikan oleh Allah dan di mata manusia orang tersebut adalah manusia yang memiliki karakter akhlakul mahmudah.
  • Seperti sebuah ungkapan "tangan di atas lebih baik daripada tangan yang berada di bawah." dipandangn dari sudut akhlak, maka orang yang berzakat akan memiliki derajat yang tinggi.

3. Faedah / Keutamaan Zakat di Bidang Agama
  • Zakat merupakan satu dari Rukun Islam yang wajib dilakasanakan bagi tiap-tiap Muslim. Sehingga orang yang gemar membayar zakat akan mendapatkan kebahagiaan dari Allah baik Fi Dunyaa maupun FilAkhirat.
  • Zakat memiliki keutamaan sebagai salah satu media untuk mendekatkan diri kepada Allah. Karena pada eksistensinya, berzakat mengandung nilai ketaatan yang tinggi karena seseorang telah menjalankan satu dari kelima rukun Islam.
  • Allah dalam Firmannya surat Al-Baqarah  276 menyatakan "menyuburkan sedekah". dari Firman tersebut dapat kita ketahui, orang yang melakukan zakat akan senantiasa hartanya belipat ganda.
  • Faedah atau keutamaan zakat yang terakhir di bidang agama adalah sebagai media peleburan dosa.
Kesimpulan

Zakat hanya dikeluarkan bagi orang yang mampu membayar. Orang miskin serta fakir tidak memiliki kewajiban atas pembayarannya. Sementara itu selain fakir dan miskin, terdapat juga beberapa golongan yang berhak memperoleh zakat, diantaranya bisa sobat baca pada Inilah 8 Mustahiq Zakat Menurut Al-quran dan 4 Mazhab Islam.

Secara garis besar zakat memiliki peranan atau faedah zakat yang meliputi tiga bidang. yaitu faedah zakat dibidang agama, keutamaan zakat dibidang sosial dan yang terakhir adalah Manfaat zakat dibidang akhlak.

Mungkin sekian dulu untuk artikel Tiga Garis Besar Faedah Zakat yang bisa kami share pada kesempatan kali ini. Semoga arikel ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Aiiin.