Inilah Jumlah Formasi Lowongan CPNS Guru Terbaru 2016

Info CPNS terbaru ini akan menjadi moment olahraga jantung untuk para guru. Pasalnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) akan membuka lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil atau yang kerap kita sebut PNS dengan jumlah tampung sebanyak 3000 orang CPNS. Pernyataan tersebut adalah permintaan yang sudah diajukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Yaitu Bapak Anies Baswedan. Saat ini anda sedang membaca : Inilah Jumlah Formasi Lowongan CPNS Guru Terbaru 2016

Sementara untuk beberapa waktu ini pemerintah sedang melakukan pendataan para guru di daerah-daerah terpencil yang masih sangat membutuhkan guru. Kemendikbud menunjukkan terjadinya surplus guru dengan jumlah lebih dari 125 ribu orang. Sehingga hal tersebut akan disayangkan bila nanti dalam pelaksanaannya ada beberapa tempat yang masih kekurangan guru. Khususnya di daerah-daerah pelosok dan terpencil.

Tantangan CPNS 2016
Dari informasi yang penulis kutip dari liputan6.com diberitakan bahwa Menteri PAN RB Yudi Chrisnandi mengatakan seperti ini "Kami akan mendahulukan guru honorer yang saat ini sudah memenuhi persyaratan adminsitratif perundangan, guru-guru tersebut saat ini berada di garda terluar Negara Indonesia atau tepatnya di daerah pelosok dan terpencil."
Guru yang disebutkan oleh Bapak Yudi di atas kira-kira jumlahnya mencapai kurang lebih sekitar 2000 guru. Dari semuanya itu akan segera diproses CPNS-nya melalui formasi khusus yang sudah di afarmasi.

Kemudian menteri Yudi menambahkan, seluruh Guru yang ingin mendaftarkan diri mereka menjadi CPNS tetap akan mengikuti test. Semuanya tidak ada yang otomatis. Karena dari tes tersebut seorang guru akan dapat diketahui kredibilitas dan kemampuannya dalam bidangnya masing-masing.

Sementara itu pada kuota yang diajukan untuk penerimaan PNS oleh Kementerian atau lembaga mencapai hingga 150 ribu CPNS. Namun sayangnya kementerian keuanga atau KEMENKEU hanya sanggup untuk memasukkan data CPNS baru dengan jumlah 81 ribu orang saja, ini mengingat banyak sekali alasan yang diberikan oleh KEMENKEU itu sendiri. Untuk alasan-alasan yang ditetapkannya masih belum dapat diketahui dengan jelas.

Pada tahun anggaran 2016 saat ini, jumlah total CPNS terbanyak akan dipegang oleh tenaga ahli dibidang kesehatan. Jumlah yang akan diteima hampir mencapai setengah dari kuota yang sudah ditentukan. Yaiitu kurang lebih ada 43 ribu tempat CPNS.
Informasi terbaru PNS untuk Gaji 13 dan 14 : Pencairan Gaji 13 dan Gaji 14 2016

Kesimpulan

Pada tahun 2016, PNS yang mengalami masa pensiun diperkirakan berjumlah 120 ribu PNS. Sementara yang dibutuhkan untuk seluruh instansi di Indonesia mencapai hingga total 150 ribu CPNS. Tapi yang amat sangat disayangkan adalah, jumlah yang akan diterima pada pendaftaran seleksi CPNS pada tahun 2016 ini hanya 81 ribu CPNS saja.

Adapun alasan mengapa KEMENKEU tidak mampu menyanggupi permintaan kuota PNS yang berjumlah 150 ribu orang tersebut adalah, karena adanya alasan-alasan berikut ini yang untuk penjelasan lebih detailnya belum dapat diketahui secara pasti :
  1. Moratorium;
  2. Hanya diperuntukkan Program Prioritas Nawa Cita, dan yang terakhir;
  3. Anggaran yang sangat terbatas.
 Lihat video kami