Fardu / Rukun dan Sunnah-sunnahnya Mandi Wajib

As-Salamu'alaikum sahabat Perahu Jagad dimanapun anda berada. Pada kesempatan kali ini penulis hendak mengajak sobat untuk lebih mendalami dunia Islam terkait Toharoh. Pada bagian ini kita masih berbicara tentang Mandi Wajib seperti materi yang sebelumnya. Dan Seperti yang kita ketahui, mandi wajib adalah merupakan salah satu cara mensucikan diri dari seluruh hadas besar. Nah Baiklah, sebelum kita membahas lebih dalam lagi terkait Rukun dan Sunnah-sunnahnya Mandi Wajib, ada baiknya sobat juga membaca Sebab-sebab mengapa kita sebagai ummat Muslim diwajibkan untuk mandi wajib, dalam kaitannya hal ini Sobat bisa baca pada Pengertian Dan Sebab-sebab Seseorang Mandi Wajib

Baiklah, untuk meringkas perbincangan kita marilah kita simak beberapa rukun dan sunnah dalam mandi wajib berikut ini:

Fardu atau Rukun Mandi Wajib
  1. Niat. Pada kita yang sedang berhadas besar, ketika hendak menyucikan diri sudah barang tentu mengucapkan niat. Karena sesuatu yang dikerjakan tanpa niat, maka hasilnya akan sia-sia.
  2. Mengalirkan air ke seluruh anggota tubuh kita. Dalam hal ini tidak ada salah satu dari seluruh anggota tubuh kita yang tertinggal. Seluruhnya harus basah atau terusap oleh air.
  3. Air yang digunakan untuk mandi wajib hendaklah air yang suci dan sekaligus mensucikan. Baca Macam atau Jenis-Jenis Air dan Pembagian Air di Dalam Ilmu Fiqh

Sunnah-sunnah dalam Mandi Wajib
  1. Membaca lafadz Basmallah di awal sebelum kita melakukan mandi wajib.
  2. Melakukan ibadah wudhu sebelum mandi
  3. Menggosok-gosok seluruh anggota badan kita tanpa tertinggal satu anggotapun.
  4. Senantiasa mendahulukan anggota tubuh bagian kanan dari pada anggota tubuh yang kiri.
  5. Dilakukan secara urut atau tertib.

Sahabat Penulis yang se-Iman, kita sebagai ummat Islam kiranya tidak boleh menganggap remeh segala perkara yang terkait dengan mandi wajib. Hal ini dikarenakan menyangkut syahnya ibadah kita. Dan contohnya bila kita hendak melakukan shalat lima waktu dan shalat Sunnah lainnya, suci dari hadas besar merupakan salah satu syarat syahnya ibadah.

Jangan lewatkan juga untuk membaca:
Baiklah, mungkin cukup sekian tulisan dari kami. Semoga bisa menjadi amal jariyah bagi penulis. Dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sebelum penulis akhiri artikel yang terkait Fardu / Rukun dan Sunnah-sunnahnya Mandi Wajib, penulis sebagai insan biasa mohon maaf apabila banyak kekeliruan disepanjang kalimat. Akhirul Kalam, Was-Salamu'alaikum.