Membatasi Tempat Shalat Di Saat Mendirikan Shalat

Selamat datang sahabat, pada kesempatan kali ini kita akan berbincang-bincang terkait "Batasan Tempat Shalat ketika kita tengah mengerjakan shalat". Nah, mungkin dari para pembaca di sini ada yang bertanya-tanya, mengapa Admin mengulas tentang batasan-batasan tempat ketika kita sedang shalat. Marilah kita simak ulasannya berikut ini.

Alasan Mengapa Harus Ada Batasan Tempat Disaat Shalat

Yang pertama, Shalat adalah Ibadah. Bisa juga diartikan sebagai interaksi antara manusia dengan Sang Khalik ( Sang Pencipta ). Masa iya sih, di saat kita beribadah ada orang yang bebas berlalu lalang di depan kita?. Jujur, menurut penulis bila ini terjadi, ini sangat kebangetan. 

Logikanya, kita sedang berbicara dan saling berhadapan dengan orang yang mungkin kita segani (katakan itu atasan atau bos kita), lalu tiba-tiba ada orang atau teman anda berlalu di antara anda dengan orang yang sedang anda ajak bicara. Dalam kasus ini anda sudah benar-benar sangat menjaga sikap santun anda, namun hal tersebut malah dirusak oleh teman anda. Maka apa yang anda rasakan? Bisa jengkel, bisa juga apatis tak perduli. Nah, Sikap apatis seperti inilah yang jangan pernah sekali-kali kita tanamkan dalam hati kita. Terlebih bila perbuatan tersebut sifatnya Hablun Minallah.

Terkait pengertian shalat bisa sobat baca pada " Pengertian Shalat Wajib dan Shalat Sunnah Menurut Bahasa Dan Istilah "

Kedua, Seperti yang sudah diuraiakan pada point pertama yang menjelaskan bahwa, Shalat adalah interaksi antara manusia dengan Allah ( Hablun Minallah ), maka di dalam Islam terdapat larangan keras dengan landasan hukum pada tingkatan Haram bila di saat kita sedang shalat ada orang-orang yang berlalu lalang di depan kita.

Mungkin dari Sobat ada yang bertanya-tanya, "Mana Dalilnya,". Okei, di bawah ini adalah landasan yang telah dikemukakan oleh Nabi kita Muhammad SAW.

Membatasi Tempat Shalat Di Saat Mendirikan Shalat

Artikel menarik

Kesimpulan

Shalat adalah  Ibadah yang dilakukan sebagai sarana komunikasi antara manusia dengan Allah. Oleh sebab itu "tempat" di saat kita melaksanakan shalat hendaklah terjaga dari lalu lalang orang-orang di sekitar kita.

Alat Pembatas untuk tempat yang digunakan di dalam shalat bisa berupa sajadah, tirai, dinding, tongkat dan lain sebagainya.

Sahabat, dengan uraian singkat di atas semoga kita bisa memahami kaidah terkait prilaku santun yang wajib kita jaga di dalam ibadah shalat. Baik itu shalat waktu maupun shalat sunnah. Mungkin cukup sekian artikel tentang " Membatasi Tempat Shalat Di Saat Mendirikan Shalat "