Pengertian Thaharah Beserta Dalil-Dalilnya

Kata Thaharah berasal dari kata bahasa arab yakni طهارة , kata thaharah memiliki makna bersuci. Sementara bila ditinjau dari segi istilah, thaharah artinya kegiatan mensucikan diri dari hadas dan najis yang dapat membatalkan ibadah. Adapun kegiatan bersuci yang sedang kita bicarakan ini adalah mensucikan diri dari najis, baik yang menempel pada badan kita, baju atau pakaian kita, maupun tempat dimana kita hendak melaksanakan ibadah.

Sedangkan bersuci dari hadas adalah mensucikan diri kita dari hadas besar maupun hadas kecil. Hadas besar bisa berupa keluar air mani bagi laki-laki dan bila bagi perempuan adalah selesainya seorang wanita dari masa haid atau nifas. Sementara hadas kecil adalah bila seseorang mengeluarkan angin dari dubur, (baca : ngentut) :D....

Bagaimana bersuci dari hadas besar dan hadas kecil?
Apabila kita tengah berhadas, kita diwajibkan untuk bersuci. Pasalnya, orang yang sedang berhadas tidak diperkenankan melakukan ibadah seperti membaca al-Qur'an, shalat, dan bagi orang yang sedang berhadas besar tidak diperkenankan untuk membaca atau memegan al-Qur'an, shalat, puasa, haji dan ibadah-ibadah lainnya.

Bagi Adik-adik yang ingin mempelajari lebih dalam terkait wudhu, silahkan baca artikel di bawah ini

Karena sebab-sebab kita bersuci adalah karena dua perkara, yakni hadas besar dan hadas kecil, maka sistem Thaharahnya atau cara bersucinya juga dibagi menjadi dua perkara. Perkara pertama kita melakukan berwudhu dan membersihkan / mensucikan pakaian dan tempat ibadah, dan perkara yang kedua adalah dengan mandi besar atau mandi junub.

Dalil-dalil Thaharah Yang Menganjurkan Untuk Bersuci

Al- Qur'an Surat Al-Mudatsir ayat 4-5
وَثِيَابَكَ    فَطَهِّرْ  *  وَالرُّجْزَ    فَاهْجُرْ

Artinya : 
Dan Pakaianmu Bersihkanlah * Dan Perbuatan Dosa Tinggalkanlah

Sebelum menutup artikel ini, penulis ingin menyarankan untuk anda juga membaca 

Cukup sekian pelajaran kalin ini tentang Pengertian Tharah Beserta Dalil-Dalilnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.