Pengertian Sujud Menurut Bahasa Dan Istilah

Apa pengertian Sujud menurut bahasa dan istilah? Pernahkah anda melakukan sujud? Untuk apa sujud dilaksanakan? Kepada Siapa sajakah kita boleh melakukan sujud?. Di dalam kehidupan sehari-hari kita kerap kali diperdengarkan baik oleh diri kita sendiri atau orang lain mengenai istilah sujud, sudahkah anda mengetahui tentang pengertian sujud? Sejauh manakah pengertian sujud yang anda ketahui? Di sini kami akan menjelaskan sedikit dari banyak penjelasan tentang sujud. Oleh sebab itu mari kita seimak bersama-sama Pengertian Sujud Menurut Bahasa Dan Istilah menurut berbagai sumber yang telah kami kumpulkan.

Pengertian Sujud Menurut Bahasa Dan Istilah

Di dalam kata sujud merupakan bentuk serapan dari bahasa arab. Kata tersebut sudah baku atau dalam bahasa tepatnya sudah di EYD-kan. Kata sujud dalam bahasa arab berasal dari tiga huruf. Yaitu "س ج د" Kata tersebut di dalam al-qur'an bacaannya telah diulang hingga puluhan kali. Anda bisa mencari referensi sendiri terkait hal ini.
Jangan Lupa artikel Penunjangnya juga: Risalah Lengkap Sujud Syukur
Sujud Kepada Allah Sebagai Wujud Patuh Dan Taat 
Secara jelasnya terdapat berbagai macam variatif kata yang berasal dari kata س ج د ini, diantaranya seperti "سجد" , "سجود" "مسجد" , " ساجد ". Kemudian yang menjadi pertanyaan kita di awal tadi, apa pengertian dari kata tersebut? Kata sujud Menurut Bahasa kami ambil dari kamus besar bahasa Indonesia, di dalam kamus tersebut memberikan pengertian sujud adalah "berlutut besertaan dengan itu orang yang berlutut menempelkan dahinya di atas lantai (misalnya saat orang dalam keadaan shalat).

Berdasarkan kata di atas, maka pengertian sujud secara istilah adalah: pertama suatu kegiatan fisik atau tubuh manusia dalam keadaan lutut dan kening menempel pada permukaan tanah, sementara untuk pengertian yang kedua adalah kegiatan non fisik atau tidak tampak secara kasat mata namun merupakan bagian dari rasa tunduk seseorang berdasarkan ketaatan dan keimanan.

Pernahkah anda melakukan sujud?
Tentu bila anda seorang muslim, maka sujud sudahlah pasti pernah kita lakukan. Sejak usia balita meskipun kita terlahir dari keluarga yang segi keagamaannya dapat dikatakan kurang, akan tetapi tidak satu Muslim pun di dunia ini yang tidak pernah melakukan sujud. Sebuah konsep pengenalan terhadap Tuhan pasti telah ditanamkan oleh orang tua kita lewat kegiatan fisik seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya.

Untuk apa sujud dilaksanakan?
Kalimat lain yang tepat untuk bahasa ini adalah, kepada siapa bersujud ditujukan? Berbicara terkait hal ini, sudah barang tentu kepada Allah sebagai Sang Khaliq Pencipta jagad seisinya. Kita bersujud untuk MENYEMBAH Allah sebagai wujud keimanan kita yang berbuah pada perilaku.
Artikel Pendukung: Risalah Lengkap Sujud Tilawah
Kepada Siapa sajakah kita boleh melakukan sujud?
Hanya kepada Allah tentunya. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT yang berbunyi
Sujud hanya boleh dilakukan untuk Allah

Secara luas, makna sujud adalah tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Tidak hanya manusia, seluruh ciptaan Allah di jagad raya ini juga bertunduk kepada Allah. Matahari, langit, bumi, cahaya, angin, air dan semuanya yang tidak mampu tertulis satu persatu itu juga bertunduk kepada Allah?

Lalu bagaimana mereka tunduk? Semua mahluq memiliki caranya masing-masing. Tidak mungkin akan bisa disamakan tunduknya bumi, langit, cahaya seperti tunduk dalam sujudnya manusia. Oleh karenanya, kita sebagai mahluk yang kecil jangan pernah merasa diri kita hebat. Apalagi pongah dan sombong. Kita sebenaranya mahluk yang sangat lemah di semesta ini.

Mungkin pengertian Sujud hanya cukup itu yang bisa kami sampaikan. Termakasih atas kunjungan anda, dan jangan lupa untu membaca artikel menarik lainnya dari kami di dalam blog tercinta ini.

Semoga Allah senantiasa memberikan kita petunjuk, dan semoga tiap-tiap kesalahan yang kita perbuat mendapatkan permohonan maaf Dari-Nya.