Faktor Intern Yang Dapat Mempengaruhi Belajar

Pada kesempatan Yang Lalu penulis sudah beberapa kali menyinggung hal-hal yang terkait dengan hasil belajar, sesuatu yang berkaitan dengan hasil belajar dapat terukur dengan kinerja seorang siswa dalam pembelajaran yang terevaluasikan pada Midle semester ataupun ulangan semesteran. Adapun beberapa tulisan yang terdahulu yang bsa anda baca adalah:

Baiklah Sahabat Perahu Jagad, Mari kita tinjau apa saja yang mampu menjadi tolak ukur atau hal-hal yang dapat mendasari seseorang dalam mewujudkan hasil belajar yang begitu signifikan.

Secara garis  besar terdapat dua faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesenjangan antara sekelompok siswa atau rombonganbelajar dalam menentukan hasil akhir dari pembeajaran yang melewati test yang dinamakan evaluasi. Yang pertama adalah Faktor Jasmaniah, dan yang kedua adalah Faktor Psikologi.

Faktor Jasmaniah
Di dalam faktor yang pertama ini, terbagi dalam dua kategori. Kategori pertama yang menjadi faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah Faktor Kesehatan dan yang kedua adalah Faktor Cacat Tubuh.

Faktor Kesehatan : Sehat mengandung makna seseorang yang sedang belajar memiliki tingkat kebugaran yang sempurna, siswa tersebut benar benar terbebas dari segala macam penyakit. Dan siswa yang sehat secara totalitas ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajarnya.

Apabila kesehatan seseorang terganggu, maka hal ini akan berdampak kepada hasil belajarnya, seseorang tersebut tentunya akan mudah lemas, kurang bergairah dan tidak memiliki semangat belajar yang tinggi sehingga akan berakibat fatal, yaitu tidak mampu mengimbangi teman-teman yang ada di rombongan belajarnya.

Faktor Cacat Tubuh : Cacat tubuh bisa diartikan bahwa, sesuatu yang dapat mengakibatkan kurang baknya atau kekurang sempurnaannya seseorang dengan tubuh yang dimilikinya.

Cacat Tubuh dapat berakibat fatal, karena pada dasarnya cacat di sini dapat berupa kurangnya pendengaran, minimnya penglihatan dan lain-lain. Keadaan seperti ini jelas saja akan mengganggu aktifitas belajar. Dan apabla ditemui siswa yang memiliki cacat fisik yang seperti penulis jeaskan, hendaknya disekolahkan ditempat yang memang benar-benar berfasilitas khusus. Seperti sekolah-sekolah yang menyediakan alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan kebutuhannya, agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan sempurna.

Faktor Psikologi
Sedikitnya ada tujuh Faktor yang tergolong di dalam Faktor Psikologis ini, di antaranya adalah: minat, motif, perhatian, inteligensi, bakat, kematangan dan kelelahan.

Untuk Faktor Psikologi ini silahkan ditunggu tulisan kami berikutnya, Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini. Semoga Pembaca yang budiman bisa memahami keadaan penulis yang kurang fit. Sekian dari kami...