Amalan Sunnah Sebelum Shalat Dikerjakan

Selamat datang sahabat, kali ini kita akan membahas terkaitan segala amalan-amalan yang disunnahkan untuk dikerjakan bagi orang-orang muslim yang hendak melksanakan shalat. Pada kajian ini kaitannya dengan shalat fardhu atau shalat wajib.


Apa itu Sunnah, Sunnah adalah perbuatan yang dianjurkan oleh nabi Muhammad kepada ummatnya. Sunnah adalah segala sesuatu yang bila dikerjakan akan mendapat pahala sementara bagi mereka yang meninggalkan merasa sangat merugi.Kenapa penulis katakan sebagai orang yang merugi? Tentu hal ini penulis kaitkan dengan waktu yang senantiasa berputar dan tak akan pernah kembali sedetikpun. Maka dari itu, selagi kita sempat menjalankan Sunnah Nabi dan Sunnahnya para sahabat, kenapa tidak untuk dikerjakan!

Sahabat bisa membaca juga Sunnat-Sunnat Dalam Wudhu

Dalam satu hari terdiri dari lima perintah shalat yang telah terbagi-bagi kapan waktu pelaksanaannya. Untuk pembahasan lebih lanjut terkait waktu shalat bisa sahabat baca pada artikel yang akan penulis sampaikan pada materi selanjutnya. Oleh sebab itu jangan pernah hilangkan alamat blog ini dari ingatan sahabat.

Dari kelima waktu shalat tersebut, amalan sunnah apa sajakah yang biasa dilakukan oleh orang-orang Islam pada zaman dahulu dan mendarah daging dalam diri ummat Islam hingga zaman sekarang? Baiklah, simak uraiannya berikut ini.
Amalan Sunnah Sebelum SHalat Dikerjakan

Amalan-amalan Sunnah Sebelum Mengerjakan Shalat


1. Azan

Tahukah anda, Azan adalah bagian daripada sunnah? mungkin bagi sahabat yang sudah pernah membaca terkait topik ini tentu saja sudah tahu. Tapi barangkali dari sahabat-sahabat yang lain masih juga banyak yang belum tahu.Nah, di sinilah penulis menyadari, bahwa peran sesama Muslim memiliki kewajiban untuk saling mengingatkan antara satu dengan yang lain.

Pengertian Azan


Azan menurut bahasa ialah -memberitahu-. Yang dimaksudkan dengan azan di sini adalah memberitahukan kepada seluruh ummat muslim bahwa waktu shalat telah datang dan di dalamanya (kalimat azan) lafaznya telah ditentukan oleh syara.

2. Iqomah

Nah, selain azan juga terdapat iqamah. Iqamah dilakukan untuk memberitahukan kepada para jamaah yang berada di dalam satu masjib untuk bersegera menyiapkan diri untuk melakukan shalat yang dipimpin oleh Imam Masjid. selaras dengan lafaz azan yang telah ditentukan oleh syara, lafaz iqamah pun juga demikian.

Mungkin cukup sekian pembelajaran kita kali ini, semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat bagi sahabat-sahabat semua. Penulis tutup artikel tentang Amalan Sunnah Sebelum SHalat ini dengan permohonan maaf sebesar-besarnya bila dalam penyampaian terdapat kata-kata yang kurang berkenan. Ahirul kalam, Wassalam.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang sunnah Pengertian Shalat Wajib dan Shalat Sunnah Menurut Bahasa Dan Istilah dan juga silahkan bawa juga Fardu / Rukun dan Sunnah-sunnahnya Mandi Wajib