Pengertian Makmum Menurut Bahasa Dan Istilah

Secara sederhana berdasarkan pengetahuan bebas yang kita saksikan di lingkungan sekitar kita, makmum dapat dikatakan sebagai pengikut. Ada sebuah ungkapan, "saya makmum ajalah" berarti orang yang mengatakan hal tersebut bersikap sebagai pengikut kepada orang yang ia tuju.

Orang yang ada dalam ungkapan di atas, sesungguhnya mereka tidak memiliki kemampuan memilih atas segala sesuatunya. Karena segalanya sudah dipasrahkan kepada orang yang dipercayakan olehnya. Dalah hal ini, dia adalah Imam.

Pengertian Makmum Menurut Bahasa Dan Istilah

Kata Makmum berasal dari bahasa arab yaitu (مأموم). Kata tersebut adalah isim fa'il dari (أمم - مؤمم - ماموما) yang memiliki arti kata orang yang diimami. Berdasarkan makna dari kata tersebut, maka makmum adalah orang yang mengikuti segala apa yang diinstruksikan oleh seorang imam.

Dengan adanya makmum yang mengikuti gerakan seorang imam, itu merupakan sebuah rangkaian ibadah shalat yang kita sebut dengan Shalat berjamaah. Untuk Lebih detail hal ini, silahkan baca  Pengertian Dan Keutamaan Shalat Berjamaah

Pengertian Makmum Menurut istilah adalah
Pengertian Makmum Menurut Istilah

Menurut kutipan tersebut, makmum adalah orang yang shalatnya mengikuti shalatnya seorang imam.

Untuk lebih mendalami makna dan pengertian makmum, maka di sini kami akan memberikan beberapa hal yang identik dengan makmum. Diantaranya adalah Iqtida', Ta'assi serta Ittiba'.

Istilah-Istilah yang Berkaitan Dengan Kata Makmum

Kata (اقتداء) yang dalam bahasa indonesia dibaca Iqtida' ini secara bahasa diartikan panutan. Sementara jika ditinjau dari sudut istilah, maka kata Iqtida' memiliki arti, orang (makmum) yang menjadikan imam sebagai panutan.

Istilah yang kedua adalah (تأسّي) atau Ta'assi, Menurut bahasa artinya adalah teladan. Sebagai mana Firman Allah:
(تأسّي) / Ta'assi Istilah lain kata Makmum
Berdasarkan Firman Allah diatas, maka hakikatnya di dalam diri seseorang yang sedang sembahyang, maka sesunggunya mereka sedang melakukan Ta'asi kepada seorang Imam mereka.

Kata terakhir yang identik dengan istilah makmum adalah kata (اتباع), secara bahasa yang dimaksud dengan Ittiba' adalah mengikuti seseorang. Sementara kata Ittiba' dalam kategori Shalat berjama'ah maka dapat diartikan orang yang sedang berittiba' (Muttabi') kepada seorang Imam.

Sekian artikel Pengertian Makmum Menurut Bahasa Dan Istilah, semoga bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata, kami mohon maaf bila dalam penyampaian ada kesalahan.