Cara Belajar Efektif, Pentingnya Bimbingan Guru Dalam Proses Belajar

Selamat datang sahabat Perahu Jagad, Belajar yang efektif adalah belajar dengan mudah namun dapat memberi pengalaman yang maksimal bagi para pencari ilmu-nya, sehingga hasil dari belajar yang telah dilaluinya akan melekat secara mendalam dan sulit untuk dihapus oleh ingatan manusia.

Lalu bagaimana cara belajar yang efektif dan efesien tersebut?
Baiklah, Sebelum kita beranjak pada materi kita, penulis ingin sedikit mengingatkan kembali. Pada kesempatan terdahulu telah sempat penulis singgung terkait proses belajar dan mengajar yang terangkum di sini. Menurut penulis, ada baiknya anda membaca artikel di bawah ini:
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Komponen-komponen Dasar dalam Proses Belajar Mengajar
Makalah Mengatasi Kesulitan Belajar
Peranan Guru dalam Proses Interaksi Belajar Mengajar
Prinsip-prinsip Terwujudnya Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
Pengertian Metode Pembelajaran
Definisi Belajar Menurut Para Ahli
Hubungan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran
Jenis-Jenis Belajar, Materi Guru / Pengajar dan Para Mahasiswa
Komponen dalam Pembelajaran dan Rincian Pelaksanaan Proses Pembelajaran
Macam-macam Teori Belajar
Motivasi Belajar Siswa, Peran Guru Sebagai Motivator
Pengertian Belajar Dalam Dunia Pendidikan
Prinsip-Prinsip Belajar
Cara Membuat Alokasi Waktu dalam Interaksi Belajar Mengajar

Baiklah, dari jumlah artikel diatas, bila anda membacanya satu persatu dan sekaligus dapat memahaminya, Penulis yakin anda akan dapat dengan mudah pula memahami pembahasan kita kali ini, yakni Cara Belajar yang Efektif dan Efesien.

Terdapat sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Miunsterberg dan Taylor (baca : Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya karya Slameto halaman 73).  Diejalaskan bahwa, mereka berdua telah melakukan riset penelitian ilmiah terkait cara-cara bekerja efesien. Di dalam penelitiannya menyatakan efesiensi dalam bidang industri telah benar-benar menjadi suatu kenyataan yang baik, dan hal ini rupanya juga dapat mengurangi pemborosan bahan sekaligus juga memperkecil penggunaan waktu yang seminimal mungkin.

Untuk bekerja secara efesien ternyata tidak hanya terjadi dalam bidang industri, dalam belajar mengajarpun terdapat banyak sekali cara yang efesien dan banyak pula cara-cara yang tidak efesien yang akhirnya dapat menjadi kesan negatif dalam pembelajaran.

Banyak siswa tingkat sekolah maupun mahasiswa tingkat universitas mengalami kegagalan dalam belajar. Dan hal ini tentu saja berpengaruh terhadap hasil belajar mereka. Hal-hal tersebut diakibatkan lantaran antara siswa atau mahasiswa serta pendidiknya yaitu guru atau dosen kurangmemahami secara mendasar terkait cara-cara belajar yang efektif. Mereka lebih mengutamakan proses kegiatan belajar dengan metode menghafal satu mata pelajaran dengan matapelajaran yang lainnya.

Di dalam pengertiannya, belajar merupakan suatu yang sangat begitu kompleks. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, sementara dilain sisi, para siswa memiliki keecakapan individu yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Meskipun demikian, kita sebagai pendidik masih bisa memberi petunjuk-petunjuk umum dalam membimbing terkait tata cara belajar yang efisien.